Surah An-Nisa' Ayat 46 - QuranWeb

terms: Surah An-Nisa' ayat 46 menunjukkan bahwa Allah telah memberitahukan tentang sikap kurang hormat dari orang-orang Yahudi terhadap kalimat-Nya...

Surah An-Nisa' Ayat 46

Surah An-Nisa' ayat 46 menunjukkan bahwa Allah telah memberitahukan tentang sikap kurang hormat dari orang-orang Yahudi terhadap kalimat-Nya. Dalam ayat ini, mereka telah mengubah penekanan kata-kata Al-Quran dan memberikan perhatian yang sangat sedikit terhadap ajaran Nabi Muhammad saw. Ayat ini juga menunjukkan bahwa orang-orang Yahudi membutuhkan mau mendengar serta mereka tidak menuliskannya dan menganggap kalimat-kalimat Al-Quran sebagai cela dan mencemoohnya.


Di dalam ayat ini, Allah berfirman, “di antara orang Yahudi ada yang mengubah-ubah perkataan-perkataan mereka, dan mereka berkata ‘kami mendengar tetapi tidak mau menurutinya’. (Dalam hal ini) mereka berarti (olok-olok) ‘dengarkan kepada kami’“. Perubahan yang mereka lakukan dalam bahasa mereka adalah dengan mengucapkan teguran “ra’ina” dengan lidahnya dan memutarbalikkannya dengan mencela agama.


Hal tersebut menyinggung tentang sikap mereka yang sombong dan kurang hormat kepada ajaran Islam. Mereka juga tahu bahwa Al-Quran mengandung kenyataan, tapi mereka berpura-pura tidak mendengarkannya. Seharusnya jika mereka benar-benar setia kepada Al-Quran, maka mereka akan mengatakan “kami mendengar dan patuh dan dengarkanlah dan perhatikanlah kami”. Namun, mereka malah memutarbalik kata-kata dan memutarbalik lidahnya dengan mencela agama Nabi.


Dalam ayat ini Allah juga mengisyaratkan tentang siksaan yang akan menimpa mereka di akhirat. Allah menyebutkan bahwa mereka hanya percaya sedikit dan karena itu mereka diganjar siksa. Allah melaknat mereka karena kafir mereka dan mereka mendapatkan siksa ganjaran atas ketidakpatuhannya. Keganasan dan sikap mereka yang tidak hormat terhadap ajaran Islam menyebabkan mereka harus membayar harga yang berat di Akhirat nanti.


Kesimpulannya, Surah An-Nisa' ayat 46 menampilkan gambaran perhatian yang rendah dan sikap sombong orang Yahudi terhadap ajaran Islam. Perubahan bahasa dan lidahnya telah digunakan untuk mencela agama dan Allah telah memberikan laknat kepada mereka. Keputusan mereka yang kurang hormat terhadap ajaran Islam amat penting untuk kita semua untuk belajar dan terapkan di dalam kehidupan sehari-hari.