Surah An-Nisa' Ayat 42 - QuranWeb

terms: Surah An-Nisa' Ayat 42 merupakan bagian dari Al-Quran yang mengingatkan kita tentang sikap jujur dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Ayat ini be...

Surah An-Nisa' Ayat 42

Surah An-Nisa' Ayat 42 merupakan bagian dari Al-Quran yang mengingatkan kita tentang sikap jujur dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Ayat ini berbicara tentang hari di mana semua orang yang kafir dan orang-orang yang menentang Rasulullah SAW ingin hilang dan disembunyikan dari Allah SWT, namun Allah SWT tidak akan tertipu.


Kata-kata dalam ayat itu mengingatkan kita tentang perangai manusia yang seringkali merasa tertipu atau diperdaya dengan Allah SWT. Mereka merasa bahwa mereka dapat menyembunyikan apa pun yang lalai, baik di hadapan manusia maupun di hadapan Allah SWT. Namun, Allah SWT memberitahukan bahwa hal tersebut tidak akan terjadi. Allah SWT tahu pasti semua yang terjadi di alam semesta. Dia mengetahui segala rahasia yang kita miliki, dan Dia tahu bagaimana masing-masing orang berperilaku.


Dalam Al-Qur'an terkandung banyak kesadaran tentang hakikat Allah SWT, yang mengetahui segala sesuatu. Dia tahu dengan jelas apa yang terjadi di dunia dan di akhirat. Maka, ayat ini mengingatkan kita untuk berbuat baik dalam segala hal, melakukan amalan yang baik dan selalu ingat bahwa Allah SWT Maha Mengetahui apa pun yang dilakukan.


Hikmah utama dari ayat ini adalah mengingatkan kita bahwa Allah SWT mengingat dan menambahkan anggota dari manusia. Dia melihat dengan jelas dan tahu apa yang terjadi di sekitar kita. Jika kita menyembunyikan sesuatu dari Dia, dia akan tetap mengetahuinya. Terlepas dari apa yang terjadi, bahkan jika seseorang benar-benar berusaha menyembunyikan sesuatu dari-Nya, Dia tahu jawaban karena Dia adalah Yang Maha Mengetahui.


Maka dari itu, Allah SWT mengingatkan kita tentang akibat buruk yang akan datang dari perbuatan yang salah. Sebagai seorang muslim, kita dikehendaki untuk mematuhi Allah SWT dan mendengarkan perintah-Nya. Kita harus mengikuti ajaran-Nya dan jangan marah jika kita disuruh melakukan sesuatu yang nampak berat bagi kita. Hal ini juga berlaku dalam hal keimanan, ketika kita dipanggil untuk berbuat baik dan kembali ke jalan yang benar. Tetap komitmen dengan jalan yang benar, yang sekaligus akan memberi kita manfaat di dunia dan akhirat.


Tidak ada sesuatu pun di alam semesta yang tersembunyi dari Allah SWT. Dia tahu persis apa yang kita lakukan, meskipun kita berusaha untuk menyembunyikan atau menutupi sesuatu, Allah SWT tahu dengan pasti. Akhir kata, Surah An-Nisa' Ayat 42 adalah pengingat yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Itu mengingatkan kita bahwa kita harus untuk taat dan takut kepada Allah SWT, mematuhi perintah-Nya dan berprasangka baik terhadap-Nya.