Surah An-Nisa' Ayat 35 - QuranWeb

terms: Ayat 35 dari Surah An-Nisa' dalam Al-Quran mengajarkan kepada seluruh manusia tentang pentingnya solusi damai dalam menyelesaikan setiap ben...

Surah An-Nisa' Ayat 35

Ayat 35 dari Surah An-Nisa' dalam Al-Quran mengajarkan kepada seluruh manusia tentang pentingnya solusi damai dalam menyelesaikan setiap bentuk konflik. Memang, adanya setiap bentuk berbeda dari konflik sosial, antara laki-laki dan perempuan pun terjadi di antara pasangan suami-istri. Namun hal ini bukan lah berarti bahwa situasi pertengkaran harus berakhir dengan musyawarah atau lebih dikaitkan dengan menyelesaikan setiap permasalahan dengan kekerasan.


Konflik pasangan suami istri yang muncul di antara seseorang kadang bisa berbentuk konfrontasi verbal atau bahkan kekerasan. Yang mana hal – hal tersebut menyebabkan keharmonisan rumah tangga pun menjadi tidak terjamin. Akibatnya, semakin banyak pasangan suami istri yang harus berurusan dengan hukum – hukum yang berlaku.


Ayat 35 dari Surah An-Nisa menyinggung tentang memilih jalan solusi damai dalam menyelesaikan setiap bentuk konflik yang ada. Disebutkan didalam ayat bahwa jika muncul konflik di antara pasangan suami istri, maka mereka disarankan untuk mengirimkan seorang juru damai yang mewakili dari keluarga laki – laki dan seorang lagi dari keluarga perempuan. Juru damai yang dipilih tersebut nantinya akan bertugas untuk menyelesaikan masalah secara bijaksana dan damai.


Menurut Al-Quran ayat 35 ini, Allah akan memberikan bantuan dan petunjuk kepada pasangan suami istri yang memilih untuk memecahkan masalahnya dengan mengirimkan juru damai yang berasal dari keluarga laki-laki dan perempuan. Allah juga menjanjikan bahwa jika masalah tersebut berhasil diselesaikan dengan cara tersebut, maka Allah akan memberikan taufik (petunjuk dan bantuan) kepada pasangan suami-istri untuk meluruskan permasalahan mereka.


Namun, Al-Quran juga menegaskan bahwa solusi damai yang diterapkan haruslah bertujuan untuk beristirahat dari kekerasan berlebihan serta menyelesaikan dengan jalan kebaikan. Hal ini menegaskan bahwa berdamai adalah jalan terbaik bagi kedua pihak yang sedang bertengkara.


Pada akhirnya, sebagai manusia haruslah saling menghargai satu sama lain dalam segala hal yang kita lakukan. Termasuk hal ini, konflik yang muncul antar pasangan suami istri pun z harus diselesaikan dengan jalan damai dan saling menghargai tanpa melibatkan pihak ketiga.


Kesimpulannya, Ayat 35 dari Surah An-Nisa' dalam Al-Quran hendak mengajarkan kepada seluruh manusia tentang pentingnya solusi damai dalam menyelesaikan permasalahan. Tidak boleh menggunakan kekerasan, namun harus dipahami bahwa if memilih saling menghargai dan beristrahat dengan jalan damai adalah jalan yang terbaik bagi kedua pihak yang bertengkara.