Surah An-Nisa' Ayat 152 - QuranWeb

terms: Surah An-Nisa' Ayat 152 adalah salah satu ayat dari Al-Quran yang mengatakan tentang keutamaan orang-orang yang beriman kepada Allah dan ras...

Surah An-Nisa' Ayat 152

Surah An-Nisa' Ayat 152 adalah salah satu ayat dari Al-Quran yang mengatakan tentang keutamaan orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya serta tidak membeda-bedakan di antara mereka. Sebagaimana ditegaskan dalam ayat ini, orang-orang yang memiliki akidah yang sama tersebut kelak akan memperoleh pahala dari Allah.


Adalah semestinya orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya untuk saling menghormati dan bekerjasama demi tujuan yang sama sebagaimana yang diisyaratkan oleh Surah An-Nisa' Ayat 152 ini. Dengan saling tolong-menolong antara lainnya, keimanan dan pemahaman mereka terhadap agama akan menjadi lebih kuat dan kokoh. Jalan mereka menuju kehidupan yang lebih baik pun akan makin jelas dan semakin dekat.


Ketika seseorang telah memperoleh pahala yang luar biasa dari Allah yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang ini, maka tak ada lagi hal yang akan dapat menahan mereka untuk terus menjadi orang yang saleh serta patuh terhadap perintah Allah. Mereka akan menjadi orang yang cukup dihormati karena telah mengikuti jalan yang benar dan terus menegakkan syariat Allah tanpa membeda-bedakan siapapun.


Senada dengan Al-Quran, Hadits juga menyatakan bahwa orang-orang yang beriman kepada Allah dan menganggap semua rasul sama adalah orang-orang yang paling dekat dengan Allah. Sebab, mereka tidak berbuat aniaya dengan uluran tangan mereka sendiri, selalu mengutamakan keadilan dalam setiap perkara, meluruskan jalan para rasul-Nya, dan membantu orang-orang yang lain dalam memahami ajaran agama dengan serius dan patuh.


Kesimpulannya, Surah An-Nisa' Ayat 152 adalah ayat yang menyatakan tentang keutamaan yang dimiliki oleh mereka yang mengikuti jalan Allah dan rasul-Nya tanpa membeda-bedakan antara keduanya. Dengan pertolongan Allah, orang-orang yang demikian itu akan memperoleh pahala yang suatu saat nanti akan berlipat ganda. Oleh karena itu, hendaknya setiap umat Islam mengikuti arah tersebut dan bertindak selama-lamanya secara beradab. Keberhasilan dunia akhirat pun diharapkan dapat diraih dengan menjadi orang-orang beriman yang patuh dan taat terhadap Allah dan rasul-Nya.