Surah Ali 'Imran Ayat 86 - QuranWeb

terms: Surah Ali Imran ayat 86 merupakan sebuah ayat al-Quran yang berbicara tentang bagaimana Allah memberi petunjuk kepada suatu kaum yang kafir ...

Surah Ali 'Imran Ayat 86

Surah Ali Imran ayat 86 merupakan sebuah ayat al-Quran yang berbicara tentang bagaimana Allah memberi petunjuk kepada suatu kaum yang kafir setelah mereka beriman dan mengakui bahwa Rasul (Muhammad) itu benar-benar Rasul. Ayatnya berbunyi: “Apabila orang-orang kafir telah beriman kepada-Nya, telah Allah beri petunjuk kepada mereka. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”.


Ayat ini memberitahu kita bahwa semua orang yang beriman kepada Allah dan membenarkan kebenaran dari rasul-Nya akan diberi petunjuk oleh-Nya. Allah akan memberi mereka petunjuk untuk hidup berdasarkan perintah-Nya, saling bantu membantu dengan satu sama lain, dan menjalani kehidupan yang bahagia dan penuh kedamaian. Allah juga akan memberi mereka taufik untuk mencapai berbagai macam tujuan baik dunia maupun akhirat.


Ayat ini juga menekankan bahwa petunjuk yang diberikan oleh Allah hanya akan bisa didapat oleh orang-orang yang benar-benar beriman kepada-Nya. Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim, yang berdosa, atau memiliki hati-hati yang kering. Petunjuk akan diberikan kepada orang-orang yang memiliki tawakkal dan berani dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang dihadapi.


Jadi, intisari dari ayat ini adalah bahwa Allah akan memberi petunjuk kepada orang-orang yang bersedia beriman kepada-Nya dan mengakui bahwa Rasul (Muhammad) itu benar-benar rasul. Namun, orang yang zalim tidak akan menerima petunjuk dari Allah. Di samping itu, petunjuk ini hanya akan bisa disampaikan jika ada kepercayaan dan tawakkal yang kuat dari orang itu. Oleh karena itu, semua orang yang ingin menerima petunjuk Allah harus menyerahkan diri dan berbuatlah yang terbaik. Sebab, petunjuk Allah akan membuat mereka mencapai tujuan kehidupan yang diinginkan.