Surah Ali 'Imran Ayat 85 - QuranWeb

terms: Surah Ali 'Imran ayat 85 adalah sebuah ayat Al Quran yang menggambarkan bahwa orang yang mencari agama selain Islam tidak akan diterima dan ...

Surah Ali 'Imran Ayat 85

Surah Ali 'Imran ayat 85 adalah sebuah ayat Al Quran yang menggambarkan bahwa orang yang mencari agama selain Islam tidak akan diterima dan di akhirat nanti ia akan rugi. Perlu diingat bahwa Islam adalah agama yang benar dan agama yang paling mulia di mata Allah.


Dalam ayat ini Allah memberikan peringatan kepada kita agar tidak mencari agama selain Islam, karena orang yang melakukan hal ini tidak akan diterima, dan juga berarti akan rugi di akhirat. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Islam adalah agama yang sempurna dan benar dari Allah, yang telah diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Setiap orang yang mencari agama lain akan berakhir dengan kehilangan kebaikan dan pahala yang diberikan oleh agama Islam.


Karena ayat ini berbicara tentang mencari agama lain, maka ada baiknya kita mengerti beberapa hal yang menyertai mencari agama lain, karena hal ini berkaitan dengan konsep taubat dan tawakkal. Pertama-tama, orang yang mencari agama lain MUSTI, harus bertaubat sebenarnya. Bertaubat berarti kembali kepada Allah dengan hati yang tulus dan ikhlas. Tidak cukup hanya mencari agama lain, orang harus juga bertaubat atas kekafirannya sebelumnya dan dia harus sungguh-sungguh beriman pada ajaran-ajaran Islam untuk mencari kebaikan dalam segala hal.


Kemudian, orang yang mencari agama lain harus menyadari bahwa hasil dari mencari agama lain ditentukan oleh tawakkal. Tawakkal di sini adalah kepercayaan dan ketabahan terhadap keputusan Allah. Seseorang berhak memilih agama, tetapi jika ternyata Allah menolaknya, maka orang itu harus pasrah dan sadar akan konsekuensi yang menyertai usahanya.


Kesimpulan


Surah Ali 'Imran ayat 85 memberikan peringatan agar kita tidak mencari agama selain Islam, karena orang yang melakukannya tidak akan diterima dan di akhirat akan rugi. Oleh karena itu, adalah penting bagi orang yang mencari agama lain untuk benar-benar bertaubat dan tawakkal. Dengan melakukan kedua hal ini, sudah ada jaminan bagi orang tersebut bahwa Allah akan memberikan yang terbaik baginya.