Surah Ali 'Imran Ayat 73 - QuranWeb

terms: Surah Ali 'Imran ayat 73 berbicara tentang panduan Allah terhadap manusia. Perintah Allah tersebut adalah untuk mengikuti ajaran agama dan h...

Surah Ali 'Imran Ayat 73

Surah Ali 'Imran ayat 73 berbicara tentang panduan Allah terhadap manusia. Perintah Allah tersebut adalah untuk mengikuti ajaran agama dan hanya mengamalkan sikap takut kepada-Nya. Hal ini untuk menjaga akidah seseorang untuk tetap setia pada ajaran agama dan untuk menolak untuk mencari petunjuk dan kebijaksanaan dari manusia, yang dapat berubah.


Versi tafsir ini menegaskan bahwa manusi hanya boleh mengandalkan petunjuk Allah dalam menentukan apa yang benar namun tak boleh bergantung pada saran, aturan, dan pandangan kebiasaan orang lain. Allah telah mengajarkan kita untuk selalu bertanya kepada-Nya secara langsung tanpa berpikir pada seseorang yang tidak memegang pandangan atau opini yang tepat. Selain itu, ayat juga mendorong manusia untuk tidak bergantung pada ketamakan serta nafsu syahwat manusia, dan menjaga akidah mereka tetap setia pada ajaran agama.


Kata-kata dalam ayat tersebut juga menyiratkan bahwa Allah adalah satu-satunya yang dapat memberikan petunjuk dan karunia-Nya, serta bahwa Dia adalah Maha Luas dan Maha Mengetahui. Oleh karena itu, manusia tidak boleh menempuh jalan yang ditunjukkan orang lain melainkan harus mengikuti ajaran Allah sendiri. Allah Mahatahu pasti yang terbaik untk manusia dan Dia tahu apa yang akan terbaik bagi mereka jangka panjangnya.


Oleh karena manusia tidak akan selalu tahu segala hal tentang dunia ini, mereka harus mengandalkan keyakinan dan petunjuk Allah untuk mengetahui bagaimana caranya menapaki jalan yang benar. ketika manusia mengikuti petunjuk Allah, mereka akan diberi karunia sebagai hadiah. Allah akan memberikan taufik-Nya kepada seseorang yang mengamalkan sunnah-Nya dan bersikap sopan kepada-Nya.


Dalam pandangan lain, ayat 73 dari Surah Ali'Imran juga dapat dipahami sebagai peringatan untuk mengekang hawa nafsu. Manusia harus tetap berdamai dan tidak bersikap jahil atau berlomba-lomba untuk mendapatkan keunggulan di dunia. terlebih lagi, manusia tidak boleh mencari petunjuk atau karunia dari ajaran yang berbeda dari ajaran Islam.


Dapat disimpulkan bahwa ayat 73 dari Surah Ali 'Imran berbicara tentang pentingnya taat pada ajaran dan panduan Allah serta berpegang teguh pada ajaran agama. Ayat tersebut juga menyiratkan bahwa pertolongan dan petunjuk Allah datang hanya jika manusia mau mencari ya. Karena itu, manusia harus berhati-hati dan jangan pernah mengikuti saran dan petunjuk manusia lain.