Surah Ali 'Imran Ayat 189 - QuranWeb

terms: Surah Ali Imran ayat 189 merupakan salah satu dari ayat-ayat dalam Al-Qur'an yang menyatakan bahwa kerajaan langit dan bumi adalah milik All...

Surah Ali 'Imran Ayat 189

Surah Ali Imran ayat 189 merupakan salah satu dari ayat-ayat dalam Al-Qur'an yang menyatakan bahwa kerajaan langit dan bumi adalah milik Allah SWT. Selain itu, ayat ini juga menegaskan bahwa Allah adalah Mahakuasa atas segala sesuatu.


Kedua perkataan dalam ayat tersebut berisi maksud yang erat, yaitu kerajaan Allah adalah milik-Nya dan segala sesuatu harus berada di bawah kepemimpinan-Nya. Maksud yang terkandung dalam ayat ini bisa diterjemahkan secara luas, yang artinya bahwa setiap bentuk kekuasaan harus berada di bawah pemerintahan Allah.


Berkat kekuasaan Allah, langit dan bumi tercipta dalam keadaan yang kondusif dan harmonis. Hal ini dibuktikan oleh ayat Al-Qur'an lainnya yang menyatakan bahwa Allah telah menciptakan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh.


Selain itu, ayat ini juga menegaskan bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. Kekuasaan Allah dapat dirasakan melalui cara yang berbeda. Sebagai contoh, Allah Maha Ada yang berarti bahwa Dia adalah sumber dari semua kehidupan dan perilaku di alam semesta ini.


Kekuasaan Allah juga dapat dirasakan melalui takdir. Takdir adalah ketetapan Allah untuk mewujudkan segala sesuatu sesuai dengan usahanya. Kekuasaan Allah juga mencakup berbagai hal seperti kehidupan, kematian, kesehatan, dan lain-lain.


Oleh karena itulah, ayat ini juga mengisyaratkan bahwa manusia seharusnya menghormati kekuasaan Allah dan tidak mengambil bagian dalam pembuatan keputusan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dasar Al-Qur'an. Karena itu, manusia seharusnya mematuhi perintah-Nya dan mentaati kekuasaan-Nya.


Ayat ke-189 dari Surah Ali Imran menunjukkan bahwa Allah SWT adalah sesuatu yang Harus dihormati dan ditakuti. Selain itu, ayat ini juga menyatakan bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu dan bahwa segala kerajaan, baik di langit dan di bumi, adalah milik-Nya. Oleh karena itu, manusia harus bertindak sesuai dengan keyakinan mereka akan kekuasaan Allah dan melakukan apa yang Allah perintahkan.