Surah Ali 'Imran Ayat 113 - QuranWeb

terms: Surah Ali 'Imran Ayat 113, merupakan sebuah ayat dalam Al-Quran yang mengungkapkan tentang kesamaan dan kesetaraan rakyat dalam agama sebaga...

Surah Ali 'Imran Ayat 113

Surah Ali 'Imran Ayat 113, merupakan sebuah ayat dalam Al-Quran yang mengungkapkan tentang kesamaan dan kesetaraan rakyat dalam agama sebagai persaudaraan. Dibawah ini adalah penjelasan mengenai makna dan arti ayat tersebut:


Ayat tersebut menunjukkan bahwa orang-orang Ahli Kitab (bacaan Yahudi dan Kristen) tidak semuanya sama. Di sini, Allah menegaskan bahwa ada golongan Ahli Kitab yang jujur, yaitu orang-orang yang mencintai Allah. Mereka adalah orang-orang yang berusaha untuk menaati perintah Allah, hidup sesuai dengan instrumen agama, serta mencari pengetahuan agama.


Kemudian, Allah juga menyebutkan bahwa orang-orang tersebut membaca ayat-ayat Allah pada malam hari. Di sini, Allah menekankan pentingnya belajar Al-Quran dan menghafalnya. Di saat mereka menghafal ayat-ayat, itu mengindikasikan bahwa mereka berusaha memahami Al-Quran secara mendalam. Selain itu, Allah juga menyebutkan bahwa mereka juga melakukan salat pada malam hari. Melakukan salat dalam keseharian berarti mereka berusaha menghayati makna dibalik ayat-ayat yang mereka hafalkan. Dengan demikian, mereka menjadi orang-orang yang berbuat baik untuk masyarakat.


Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Surah Ali 'Imran Ayat 113, menggerakkan kita untuk tetap berpegang teguh pada ajaran agama, bersikap jujur, selalu berusaha mencari pengetahuan agama, serta berprilaku baik dengan orang lain. Ayat ini menunjukkan kita tentang pentingnya memahami instrumen suatu agama dan berbuat baik kepada sesama, terutama pada orang yang berbeda keyakinan. Dengan begitu, kesamaan di antara yang beragama menjadi lebih kuat, dan rasa persaudaraan semakin mendalam.