Surah Ali 'Imran Ayat 114 - QuranWeb

terms: Surah Ali Imran ayat 114 adalah salah satu ayat dalam Al-Quran yang merangkum jalan hidup yang benar. Di sana dijelaskan bahwa bagi orang ya...

Surah Ali 'Imran Ayat 114

Surah Ali Imran ayat 114 adalah salah satu ayat dalam Al-Quran yang merangkum jalan hidup yang benar. Di sana dijelaskan bahwa bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir serta mengetahui takdir yang telah Allah tentukan, akan mendorong orang untuk menyuruh orang lain untuk berbuat yang ma'ruf (baik) dan mencegah orang lain dari berbuat yang mungkar (buruk), serta bersegera dalam mengerjakan berbagai kebajikan. Mereka dianggap sebagai golongan orang-orang saleh.


Ayat ini mengingatkan kita bahwa orang yang beriman kepada Allah tidak hanya meyakini kepada-Nya dan kepada hari akhir, tetapi juga bertindak untuk menyebar ajaran-ajaran dan teladan yang baik yang dianjurkan oleh-Nya. Dengan begitu, orang yang beriman juga harus merasa bertanggung jawab untuk membuat perubahan di sekelilingnya.


Memang, tidak mudah untuk mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang berlawanan dari apa yang biasa mereka lakukan, terutama jika mereka sudah lama terbiasa. Namun, Al-Quran memotivasi kita untuk tidak melakukan hal-hal yang jelas-jelas dilarang oleh-Nya, serta mencoba untuk membuat perubahan positif di sekitar kita.


Berhentilah dari yang munkar dan mulailah berbuat yang ma'ruf. Orang yang beriman harus menjadi contoh yang baik untuk orang lain, terutama di era saat ini, di mana melakukan kejahatan menjadi trend. Kaum mukmin harus memberikan teladan yang bisa diikuti,memberi do'a-do'a untuk yang mungkar, dan membimbing mereka menuju jalan yang baik.


Allah SWT berfirman : “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru (kamu) kepada kebajikan, menyuruh (kepada) yang ma’ruf dan mencegah (dirinya dan kamu) dari yang mungkar”. (Surah Ali Imran : Ayat 104).


Ayat ini mengingatkan kita tentang indahnya kehidupan jika manusia mengerjakan yang benar, karena akan membawa mereka ke jalan yang lurus dan mengarahkan mereka ke jalan yang akan membuat mereka saleh di sisi Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita mencari hiasan yang lebih baik dengan menjalankan amar ma’ruf nahi mungkar dan menjadi orang yang saleh yang Allah sukai sesuai petunjuk ayat 114 dari surah Ali Imran.


Akhir kata, ayat 114 dari Surah Ali Imran menjelaskan bahwa bagi orang-orang yang beriman harus menyuruh orang lain untuk berbuat yang baik dan melarang mereka dari kemungkaran, serta berbuat baik pada orang lain. Dengan demikian, antusiasme mereka dalam berbuat kebajikan akan menikmati ridha Allah. Sehingga, jalan yang tepat menuju surga adalah jalan orang yang beriman yaitu dengan mengikuti cara hidup yang dianjurkan oleh Allah yaitu dengan mengerjakan kebajikan dan saleh.