Surah Ali 'Imran Ayat 62 - QuranWeb

terms: Surat Ali 'Imran Ayat 62 merupakan ibrah dari Surat Ali 'Imran yang merupakan salah satu surah dari Al-Qur'an yang berisi tentang kemuliaan ...

Surah Ali 'Imran Ayat 62

Surat Ali 'Imran Ayat 62 merupakan ibrah dari Surat Ali 'Imran yang merupakan salah satu surah dari Al-Qur'an yang berisi tentang kemuliaan dan keagungan Allah SWT. Ayat ini menjelaskan tentang kesaksian kebenaran bagi nabi Isa (Yesus) sebagai anak Allah:


لَقَدْ كَانَ لِكُمْ فِيهِ آيَةٌ


"Sungguh, ini adalah kisah yang benar".


Ayat ini menunjukkan bahwa kisah yang diberitakan oleh para nabi Musa dan Isa adalah benar. Hal ini menegaskan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang ada dan bahwa dia adalah Tuhan yang Maha Pemurah, Maha Pemaaf, Maha Pengampun, dan Maha Perkasa.


Berikutnya, ayat 62 Surat Ali 'Imran menyebutkan:


وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا عِنْدَنَا خَزَائِنُهُ وَمَا نُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاء مِنْ شَيْءٍ إِلَّا بِإِذْنِنَا


"Tidak ada tuhan selain Allah, dan sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana".


Ayat ini menunjukkan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang ada dan bahwa dia adalah Tuhan yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana, dan Maha Pengampun. Allah menguasai seluruh alam dan pengetahuan mereka, dan Dia mengetahui segala hal. Dia Maha Pemurah, Maha Pemaaf, Maha Pengampun bagi seluruh umat manusia. Sehingga, jika seseorang berbuat dosa, Allah masih dapat mengampuni mereka. Kata-kata terakhir dalam ayat ini adalah yang paling penting dalam menunjukkan kekuatan dan keagungan Allah.


Kemudian, ayat 62 ini memberikan kesaksian kepada kebenaran bahwa kisah nabi Musa dan nabi Isa adalah benar. Terakhir, ayat ini juga menegaskan bahwa tidak ada tuhan lain selain Allah SWT. Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana, Maha Pengampun dan Maha Pemaaf. Oleh sebab itu, semua orang harus bersyukur dan taat kepada-Nya.


Kata-kata dalam ayat ini secara keseluruhan ingin menceritakan kemuliaan Allah SWT dan membuktikan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang ada. Ayat ini juga mengingatkan orang untuk selalu beriman pada Allah SWT dan menaati hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh-Nya. Ayat ini juga mengingatkan orang agar selalu bersyukur dan senantiasa beribadah kepada-Nya dan mengingat bahwa Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana, Maha Pengampun, dan Maha Pemaaf.