Surah Al-Fatihah Ayat 6 - QuranWeb

terms: Surah Al-Fatihah adalah surah pertama dari Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Ayat keenam dari sura...

Surah Al-Fatihah Ayat 6

Surah Al-Fatihah adalah surah pertama dari Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Ayat keenam dari surah Al-Fatihah berbunyi: “Tunjukilah kami jalan yang lurus”. Ini mewakili salah satu do’a yang diajarkan dalam Al-Quran. Permintaan yang diajukan melalui do'a ini adalah permintaan untuk diperlihatkan jalan yang dapat diambil dari kehidupan yang mengarah pada ketenangan dan keselamatan jiwa.


Kebanyakan dari kita telah mengalami situasi ketika kita tidak yakin akan jalan yang harus kita pilih. Kita membutuhkan petunjuk daripada Allah untuk memperlihatkan bagaimana kita dapat menghadapi masalah yang kita hadapi. Situasi ketika kita merasa bingung, putus asa dan hancur berada pada saat yang sama, permintaan do’a ini dalam Al-Fatihah sangat penting. Do’a yang menyatakan permintaan ditunjukkannya cara yang lurus memberikan kekuatan untuk bergerak meneruskan kehidupan. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran serta percaya diri seseorang dalam menilai situasi yang sedang kita hadapi.


Doa pada ayat keenam Surah Al-Fatihah ini seperti berteriak kepada Allah bahwa kita butuh HikmahNya agar kita bisa melewati setiap situasi dengan benar atau mendapat tuntunan-Nya. Dengan berdoa kepada Allah, bersabar dan menyadari bahwa berbagai hal telah ditentukan untuk kita, kita dapat memastikan bahwa kita akan tetap berada di jalan yang lurus. Di satu sisi, kita bisa memiliki kemampuan untuk mengetahui masalah yang akan kita hadapi, kita juga memiliki kesadaran untuk menyadari berbagai situasi yang bisa memberikan kita jalan keluar yang benar.


Dengan adanya doa ayat keenam surah Al-Fatihah dimaksudkan agar kita bisa menemukan jalan yang lurus. Kita meyakini bahwa Allah akan menunjukkan dan memberi kita petunjuk untuk memilih jalan yang tepat. Doa itu ditujukan untuk meminta agar Allah menuntun kita pada jalan yang lurus, untuk kita sadari bahwa kita membutuhkan petunjukNya agar kita bisa menjaga agar tidak melenceng dari jalan Allah.


Secara umum, ayat keenam dari surah Al-Fatihah dapat diartikan sebagai: “Tunjukkanlah kami jalan yang benar, jalan hidup yang sempurna, jalan yang dapat menyelamatkan kita dari kesesatan.” Doa ini mengajarkan pentingnya memiliki kesabaran ketika kita berada di dalam situasi yang tidak mudah. Kebingungan dan kesulitan bisa dirasakan oleh semua orang, namun jika kita memberikan tawakal kepada Allah dalam segala situasi, Allah akan memberikan kita dengan petunjuk untuk tetap berada di jalan yang benar sesuai dengan usaha yang telah kita lakukan. Jalan yang lurus adalah jalan yang diperintahkan Allah. Hal ini akan menyebabkan kita populer di dunia dan akan diperhitungkan nikmat yang besar di akhirat. Karena itu marilah kita terus berdoa dan melakukan amalan-amalan yang dibenarkan oleh Allah, agar kita bisa berada pada jalan yang lurus. Insya Allah pahala dari doa kita diampuni dan diangkat oleh Allah.