Surah Al-Fatihah Ayat 5 - QuranWeb

terms: Ayat 5 dari surat Al-Fatihah di dalam Al-Qur'an berbunyi, "Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon perto...

Surah Al-Fatihah Ayat 5

Ayat 5 dari surat Al-Fatihah di dalam Al-Qur'an berbunyi, "Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan."


Ayat ini menegaskan bahwa Allah merupakan satu-satunya tuhan yang boleh disembah oleh manusia. Manusia tidak boleh menyembah apapun, seperti patung, berhala, makhluk lain, atau hal-hal lainnya yang bersifat material. Menyembah Allah tidak boleh terpisah dari memohon pertolongan kepada-Nya.


Selain itu, ayat ini juga menunjukkan bahwa tugas seorang hamba adalah untuk menyembah Allah dan memohon pertolongan-Nya. Karena Allah selalu mempedulikan keadaan hamba-Nya dan membalas doa mereka. Oleh karena itu orang yang beriman harus selalu berdoa dan memohon bimbingan Allah setiap saat.


Ayat ini juga menggarisbawahi adanya kebebasan untuk memilih apa yang dipercayai oleh seseorang. Manusia diberi hak untuk memilih dan memutuskan apa yang ia percayai dan kepada siapa ia akan menyembah. Jadi, orang yang mengikuti agama lain atau yang tidak memiliki agama, jika mereka memutuskan untuk menyembah dan memohon pertolongan kepada Allah, maka mereka juga akan diterima.


Ayat ini juga menekankan bahwa kita tidak boleh mengharapkan pertolongan seseorang lain selain dari Allah. Tidak ada yang bisa membantu kita atau mendukung kita jika tidak dikaruniai oleh Allah. Oleh karena itu tidak perlu berharap bahwa seorangpun yang relatif lemah akan mampu membantu kita jika Allah telah memutuskan bahwa kita harus mendapatkan musibah atau bahwa kebaikan tidak dikaruniai kepada kita.


Ayat ini juga menunjukkan bahwa hidup seseorang tidak berhenti hanya pada materi dan kekayaan. Sebab, kita juga dianjurkan untuk mengarahkan mata hati kita kepada Allah dan berserah diri hanya kepada-Nya. Dengan begitu, kita dapat mengejar kebahagiaan yang murni dan iman yang kuat, yang tidak akan bisa dicapai dengan materi dan kekayaan saja.


Secara keseluruhan, ayat ini mengingatkan manusia bahwa hanya ada satu Tuhan yang benar-benar tersedia untuk kita sembah dan hanya Dia yang bisa memberi kita pertolongan. Selain itu, ayat ini juga memerintahkan kita untuk mengabdi dan berserah diri kepada Allah dalam setiap situasi dan mengarahkan mata hati kita kepada-Nya.