Surah Al Baqarah Ayat 9 - QuranWeb

terms: Surah Al-Baqarah Ayat 9 membicarakan tentang orang yang berbuat tipu muslihat. Allah berfirman bahwa apa yang dilakukan oleh orang-orang yan...

Surah Al Baqarah Ayat 9

Surah Al-Baqarah Ayat 9 membicarakan tentang orang yang berbuat tipu muslihat. Allah berfirman bahwa apa yang dilakukan oleh orang-orang yang berbuat tipu muslihat yaitu tipu diri sendiri tanpa mereka menyadarinya. Di dalam Surah Al-Baqarah Ayat 9, Allah Berfirman: “Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanyalah menipu diri sendiri tanpa mereka sadari.”


Untuk memahami maksud pasal Surah Al-Baqarah Ayat 9 ini, kita perlu mendalami pengertian menipu yang benar. Secara harfiah, menipu adalah menyembunyikan kebenaran atau tidak memberitahukan hal yang sebenarnya. Namun, ada beberapa hal lain yang perlu kita lihat ketika memahami arti istilah ini. Jadi, ketika kita bicara tentang menipu, kita juga harus mempertimbangkan berbohong, mengklaim sesuatu yang tidak benar, berbuat curang, serta menghindari mengatakan sebuah kenyataan.


Disamping itu, kita juga perlu memahami tujuan orang yang berbuat tipu muslihat. Orang yang berbuat tipu muslihat ini dapat bermaksud untuk mengambil manfaat dari orang lain. Mereka juga boleh bermaksud untuk mengelabuhi orang lain atau memperdayakan orang lain. Dengan begitu, mereka akan membuat orang lain percaya bahwa apa yang mereka katakan itu benar, padahal sebenarnya itu tidak.


Selanjutnya, Surah Al-Baqarah Ayat 9 ini juga menegaskan bahwa orang yang berbuat tipu muslihat itu akan menipu tanpa mereka sadari. Hal ini maksudnya mereka akan terus terlibat dalam tindakan itu tanpa mereka disadari. Mereka akan terjebak dengan tindakan buruk itu sehingga mereka tidak akan pernah tahu bahwa mereka sedang berbuat tipu muslihat.


Untuk menyimpulkan, Surah Al-Baqarah Ayat 9 dalam Al-Qur'an menegaskan bahwa orang yang berbuat tipu muslihat itu sebenarnya hanya menipu diri mereka sendiri. Mereka tidak akan menyadari tindakan yang mereka lakukan dan tidak menyadari akibat buruk yang dapat dihasilkan dari menipu orang lain. Dengan demikian, ayat ini menyeru kita untuk tidak berbuat tipu muslihat karena sama halnya kita hanya menipu diri kita sendiri. Ketika kita berbuatbaik, maka Allah akan membalas dengan kebaikan. Aamiin.