Surah Al Baqarah Ayat 86 - QuranWeb

terms: Surah Al-Baqarah ayat 86 menceritakan tentang orang-orang yang lebih memilih membeli kehidupan dunia daripada kehidupan akhirat. Mereka adal...

Surah Al Baqarah Ayat 86

Surah Al-Baqarah ayat 86 menceritakan tentang orang-orang yang lebih memilih membeli kehidupan dunia daripada kehidupan akhirat. Mereka adalah orang-orang yang memilih kehidupan dunia dengan mendapatkan harta dunia atau layanan duniawi dengan imbalan kehidupan akhirat. Mereka tidak menaruh harapan dalam Allah atau percaya pada hari akhir.


Tidak diragukan lagi bahwa mereka adalah orang-orang yang lalai dan memilih jalan selain kebenaran. Allah SWT mengingatkan mereka kepada peringatan pertama Nya agar mereka mengikuti jalan kebenaran. Dalam ayat ini, Allah juga mengingatkan kita bahwa dosa-dosa yang telah kita lakukan selama ini tidak akan pernah ada yang diringankan. Konsekuensinya, orang-orang yang berbuat dosa tidak akan mendapatkan bimbingan dari Allah.


Firman Allah dalam Al-Baqarah, ayat 86 berbunyi: “Mereka itulah orang-orang yang membeli kehidupan dunia dengan kehidupan akhirat. Maka tidak akan diringankan azabnya dan mereka tidak akan ditolong.” Maksud dari ayat ini adalah bahwa tanpa bertobat, Allah tidak akan menurunkan hukumanNya yang terutama berkaitan dengan kehidupan akhirat. Ini mengisyaratkan bahwa, karena orang-orang yang merusak imannya tidak mau bertobat, maka Allah tidak akan menolong mereka. Sebagai gantinya, mereka tidak dapat meloloskan diri dari hukumanNya, meskipun mereka sudah membeli segala yang diinginkan di dunia ini.


Orang yang membeli kehidupan dunia tidak hanya mencari harta semata, tapi juga menyembah berhala dan melakukan perbuatan yang tidak baik. Orang-orang yang membeli kehidupan dunia juga mencoba untuk meraih harta di dunia ini dengan cara berinvestasi dengan menggunakan uang yang dikuasai oleh Staf Dajjal dan iblis. Ini hanya akan menyebabkan mereka menjadi terikat dengan penjajah bangsa lain, kekayaan dan permainan.


Kesimpulannya, Surah Al-Baqarah ayat 86 mengajarkan kita tentang bahaya dari berusaha mencapai kesenangan duniawi dan mengorbankan kehidupan akhirat. Allah SWT mengingatkan kita bahwa orang-orang yang lebih memilih untuk membeli kehidupan dunia ini dengan mengorbankan kehidupan akhirat, mereka tidak akan mendapatkan rahmat Allah dan tidak akan ditolong oleh-Nya. Di balik itu semua, kita dipanggil untuk kembali kepada jalan Allah dan melakukan pekerjaan yang bermoral untuk mencapai kehidupan yang barokah di dunia dan akhirat.