Surah Al Baqarah Ayat 84 - QuranWeb

terms: Surah Al Baqarah ayat 84 merupakan ayat yang diturunkan dalam Al-Quran yang menekankan pentingnya menepati janji. Ayat ini mengisahkan tenta...

Surah Al Baqarah Ayat 84

Surah Al Baqarah ayat 84 merupakan ayat yang diturunkan dalam Al-Quran yang menekankan pentingnya menepati janji. Ayat ini mengisahkan tentang suatu waktu di mana Tuhan memberikan janji kepada manusia untuk tidak membunuh dan mengusir saudaranya dari kampung halaman mereka. Dan manusia juga bersumpah untuk menepati janji tersebut.


Kata-kata janji yang digunakan dalam ayat ini adalah "Amanah" yang berarti kesetiaan dan ketaatan. Maksud janji ini adalah bahwa semua orang harus menjaga keselamatan dan kebebasan satu sama lain. Tidak boleh ada pembunuhan atau pengusiran orang lain dari rumah mereka.


Janji ini diberikan Tuhan kepada manusia untuk mengelak dari jenayah dan meningkatkan kerukunan dan harmoni antara satu sama lain. Berita baiknya adalah bahwa orang yang menepati janji mereka akan diberi imbalan, manakala orang yang tidak akan dikenai hukuman.


Ayat ini juga menekankan pentingnya mempertahankan janji, yang bermakna bahwa kita harus tahan untuk tidak melanggar janji yang kita buat. Ini berarti bahwa jika seorang melanggar janjinya, maka dia harus menanggung akibat dari perbuatannya. Selain itu, kita juga diharapkan untuk bertanggung jawab atas bertindak sesuai dengan janji kita.


Kesan utama yang mungkin akan ditinggalkan oleh ayat ini adalah bahwa janji sangatlah penting untuk dipatuhi. Setiap janji yang kita ucapkan harus diikuti dengan tindakan yang sesuai dengan itu. Dan orang yang menepati janji akan diberikan imbalan.


Tidak hanya itu, menepati janji juga dapat membantu meningkatkan kerukunan dan harmoni sosial. Dengan melihat bahwa orang lain menepati janji mereka, akan membuat perasaan aman dan tentram di antara satu sama lain. Ini juga dapat membantu menghindari perselisihan dan akibatnya, yang dapat menyebabkan banyak masalah bagi masyarakat.


Secara keseluruhan, surah Al Baqarah ayat 84 melibatkan pentingnya janji. Janji yang dimaksudkan adalah untuk tidak membunuh dan mengusir orang lain dari rumah mereka. Manusia juga diharapkan untuk menepati janji mereka agar dapat mempromosikan kerukunan dan harmoni antara satu sama lain. Ini juga dapat membantu meminimalkan risiko bentrok dan masalah sosial.