Surah Al Baqarah Ayat 83 - QuranWeb

terms: Surah Al-Baqarah ayat 83 adalah bagian dari al-Qur'an yang bercerita mengenai janji yang diberikan Allah kepada Bani Israil. Janji tersebut ...

Surah Al Baqarah Ayat 83

Surah Al-Baqarah ayat 83 adalah bagian dari al-Qur'an yang bercerita mengenai janji yang diberikan Allah kepada Bani Israil. Janji tersebut diingatkan kembali di ayat ini. Janji tersebut adalah untuk tidak menyembah selain Allah dan selalu berbuat baik kepada kedua orang tua, kerabat, anak yatim, dan orang miskin. Selain itu, manusia juga diajak untuk berkata baik-baik, menunaikan salat serta menunaikan zakat.


Meskipun telah diberikan janji tersebut, namun janji tersebut kemudian diingkari, kecuali sebagian kecil dari Bani Israil. Dengan kata lain, sebagian besar dari Bani Israil telah berpaling dari janji tersebut. Melanggar janji terhadap Allah biasanya bersamaan dengan turunnya hukuman. Mereka yang melanggar janji tersebut sehingga sudah dinilai sebagai pembangkang.


Ayat ini juga berisi pelajaran untuk umat Islam bahwa tidak semua yang dijanjikan Allah pasti dilaksanakan oleh umatnya. Janji-janji Allah tidak selalu ditunaikan oleh hamba-hambaNya. Kadang kala umat ini sudah lupa, lalai, dan mengingkari janji tersebut.


Untuk itu, umat Islam hendaknya tetap taat pada perintah Allah, menjauhkan diri dari kemaksiatan dan mematuhi janji, termasuk juga menunaikan ibadah salat dan zakat dengan baik. Ini berkaitan dengan ayat lain Al-Quran yang berbunyi “Barangsiapa yang menjaga (perintah Allah) maka ia telah beruntung.” (An-Nahl: 97). Usaha untuk menjaga janji agar dapat memperoleh keberuntungan yang disebutkan oleh Al-Quran.


Selain perintah-perintah yang tertera pada ayat ini, juga terdapat pelajaran yang dapat kita ambil. Pelajaran utama yang dapat dipetik dari ayat ini adalah perlunya untuk taat dan patuh pada Allah dan perintah-perintahNya. Sebagai umat Islam, marilah kita lebih mengutamakan cinta dan kasih sayang kepada sesama, baik kepada orang tua, anggota keluarga, anak yatim, dan orang miskin. Selain itu, perlu diingat bahwa sebagai manusia, kita harus saling berkata baik, melaksanakan salat serta membayar zakat secara berkala. Dengan melakukan hal ini, maka kita akan beruntung dan bisa menjadi hambatan Allah.