Surah Al Baqarah Ayat 70 - QuranWeb

terms: Surah Al-Baqarah ayat 70 merupakan salah satu ayat dalam Al-Qur'an yang menekankan pentingnya berkomunikasi dengan Allah dan mohon petunjuk ...

Surah Al Baqarah Ayat 70

Surah Al-Baqarah ayat 70 merupakan salah satu ayat dalam Al-Qur'an yang menekankan pentingnya berkomunikasi dengan Allah dan mohon petunjuk dan hidayahNya dalam menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang tidak diketahui. Kalimat perintah yang terdapat dalam ayat tersebut adalah "Diutuslah kepada Tuhanmu". Pasalnya, sapi betina yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah suatu bagian dari pertanyaan yang tidak diketahui jawabannya dan dianggap jelas sebagai suatu alasan untuk berdoa kepada Allah.


Kejadian yang diceritakan dalam surah Al-Baqarah ayat 70 adalah ketika kaum Bani Israil bersikap enggan untuk melakukan kewajiban ritual membawa kekambing sapi jantan ketika mereka berhaji. Kemudian, seseorang datang dan mengajukan pertanyaan kepada mereka: "Apakah sapi betina itu diperintahkan di sini?" Ketika mereka tertarik dengan pertanyaan itu, mereka berkata, "Mohonlah kepada Tuhanmu agar Dia menjelaskan kepada kami tentang sapi betina itu".


Melalui ayat ini, Allah Swt. memberi tahu kepada umat manusia pentingnya berdoa dan memohon petunjuk dan hidayah kepadaNYA, terutama saat kita tidak tahu jawaban atas sesuatu. Sifat selalu berdoa disebutkan dalam banyak ayat-ayat Quran, seperti surah Ibrahim ayat 41 yang berbunyi,


"Berdoalah kepada Tuhanmu dengan doa yang baik."


Kata-kata ini memerintahkan para pemeluknya untuk memohon petunjuk dari Allah untuk mencari jawaban yang benar. Menurut Imam Syafi'i, salah satu hadits yang dimuliakan merupakan salah satu dari hadits yang menunjukkan makna pengamalan doa:


"Jangan sampai ilmu Rahmat tidak memberi petunjuk kepada semua orang yang meminta petunjuk."


Adapun makna ayat al-Baqarah ayat 70 ini adalah agar kita tidak merasa malu untuk berdoa pada Allah ketika kita terjebak dengan sia-sia karena tidak tahu atau punya jawaban atas pertanyaan. Jika kita memohon petunjuk dan hidayahNya, maka Allah akan memberikan jawaban atas masalah yang sedang kita hadapi. Selain itu, doa juga bisa menjadi sarana untuk menghilangkan ketidakpastian dan kebingungan dalam menghadapi suatu masalah.


Kesimpulannya, Surah Al-Baqarah ayat 70 berisi perintah untuk memohon petunjuk kepada Allah yang ditambahkan dengan harapan akan dapat diberikan petunjuk jika Allah berkehendak. Ayat ini mengajarkan pentingnya doa untuk memohon petunjuk dan alasan untuk senantiasa berbicara kepada Allah atas segala pertanyaan yang sedang kita hadapi. Doa juga bisa menjadi cahaya yang memberi kejelasan ketika kita berada dalam kegelapan ketidak pastian. Oleh karena itu, doa adalah perbuatan ibadah yang sangatlah penting oleh seorang muslim.