Surah Al Baqarah Ayat 69 - QuranWeb

terms: Surah Al-Baqarah adalah surah kedua dalam Al-Quran dan mengandung ayat yang menceritakan tentang peristiwa-peristiwa penting dalam Al-Quran....

Surah Al Baqarah Ayat 69

Surah Al-Baqarah adalah surah kedua dalam Al-Quran dan mengandung ayat yang menceritakan tentang peristiwa-peristiwa penting dalam Al-Quran. Salah satu ayat dari surah ini adalah ayat 69, yang berbicara tentang ketika Nabi Musa meminta para pengikutnya untuk mendatangi tujuh orang wanita di palm-garden dan bertanyakan mereka tentang jenis sapi yang mereka miliki.


Ketika Musa bertanya kepada mereka, para pengikutnya bertanya balik, "Mohonkanlah kepada Tuhanmu agar Dia menjelaskan kepada kami apa warna sapi itu.” Untuk menjawab pertanyaan mereka, Musa berteriak pada Tuhan: "Ya Tuhanku! Aku diminta berita tentang sapi yang dimiliki oleh tujuh orang wanita yang berada di palm-garden (Tanah Suci) itu. Apakah Dia (Allah) berfirman (tentang bentuk dan warna sapi itu)?" Dan lalu Allah memberikan jawaban kepada Musa, yang firman-Nya di Ayat 69 Surat Al Baqar agar sapi itu adalah sapi betina yang berwarna kuning tua, yang sangat menyenangkan bagi orang-orang yang melihatnya.


Firman Tuhan ini dapat kita jadikan sebagai pelajaran. Kebanyakan orang ingin mengetahui jawaban atas berbagai hal tetapi kurang yakin bagaimana cara untuk meminta Tuhan. Firman Tuhan ini memberikan tanda jalan untuk dapat mengajukan pertanyaan dan meminta jawaban kepada Tuhan.


Selain itu, firman Tuhan juga mengajarkan kita untuk bersyukur atas apa yang telah kita punya dan apa yang telah Tuhan berikan. Anugerah Tuhan dalam hal ini adalah sapi betina yang berwarna kuning tua ini yang menjadikan para pengikut Musa sangat senang. Jadi, firman Tuhan dalam ayat ini ingin memberikan pesan, jangan berbangga diri dengan apa yang kita miliki dan bersyukur senantiasa.


Kesimpulannya, ayat 69 Surat Al Baqarah berbicara tentang bagaimana Nabi Musa memberikan jawaban kepada para pengikutnya mengenai warna sapi yang mereka miliki. Dan dalam jawaban Tuhan ada pelajaran tentang bagaimana cara kita meminta Tuhan dan bersyukur. Ayat ini memberikan contoh bagaimana hendaknya kita bersikap dalam menyikapi kehidupan agar Tuhan selalu memberikan berkat-Nya kepada kita.