Surah Al Baqarah Ayat 7 - QuranWeb

terms: Surah Al Baqarah ayat 7 berbicara tentang hukuman yang akan diterima oleh orang-orang yang menolak pertolongan Allah. Ayat ini juga menggamb...

Surah Al Baqarah Ayat 7

Surah Al Baqarah ayat 7 berbicara tentang hukuman yang akan diterima oleh orang-orang yang menolak pertolongan Allah. Ayat ini juga menggambarkan bagaimana mereka dikunci dengan kaku, hati mereka ditutup, pendengaran terkungkung, penglihatan mereka pun gulita. Mereka akan mendapat azab yang berat di Akhirat nanti.


Surah Al Baqarah adalah surah kedua yang terdapat pada Al-Quran dan merupakan surah yang paling panjang. Surah Al-Baqarah merupakan salah satu surah yang penuh dengan hikmah dan isi yang luas. Hal ini dikarenakan ayat-ayat di dalam surah ini menuturkan ajaran dasar agama, kewajiban dan hak-hak manusia, kriteria pemeluk agama yang sebenar- benarnya, menguraikan mengenai langkah-langkah perbaikan bagi manusia, serta memberi nasihat kepada semua pihak.


Ayat di dalam Surah Al Baqarah ayat 7 menceritakan tentang orang-orang yang berpaling dari Allah dan menolak beriman dan patuh kepada Allah. Allah juga mengetahui segala sesuatu yang telah terjadi pada perbuatan manusia. Allah mengetahui yang tersembunyi dalam hati mereka yang berhak untuk menerima pengampunan. Oleh karena itu, mereka yang telah menolak untuk menjaga amanat Allah, yang tidak mengikuti petunjuk yang telah diberikan kepada mereka, melakukan perbuatan yang salah serta kemudian berpaling dari Tuhan dalam kesembronoan, maka mereka akan ditutupkan hati, pendengaran dan penglihatan mereka.


Ayat di dalam Al Baqarah ayat 7 mulai dengan Allah menceritakan bagaimana Dia telah mengunci hati dan pendengaran mereka. Akibatnya, mereka tidak dapat menyikapi mengenai setiap pesan Allah kepada mereka. Terhalang oleh hati mereka yang telah dikunci oleh Allah, mereka terhalang untuk menerima petunjuk Allah. Selain itu, Allah juga mengatakan bahwa Dia telah membenteng penglihatan mereka sehingga mereka kehilangan kemampuan untuk melihat jalan yang benar, dan mendapat petunjuk ke dalam kehidupan yang abadi.


Kemudian, Allah menceritakan bahwa mereka yang telah menolak untuk mendengarkan iaitu, mereka akan mendapatkan apa yang mereka takuti ini pada akhirat nanti. Mereka akan mendapat azab yang berat dari Allah dengan cara yang sudah Allah tetapkan untuk mereka di Hari Kiamat. Konsekuensi yang diterima oleh orang yang berbuat zalim yang melawan Allah akan menjadi sangat menyedihkan. Hukumannya akan menyebabkan mereka menyesali kesalahan mereka selama ini.


Akhir kata, Surah Al Baqarah ayat 7 menyiarkan pesan agar selalu berlaku adil dan melaksanakan apa yang telah ditetapkan oleh Allah. Allah pasti memberi balasan yang positif bagi orang yang berbuat kebaikan. Sebaliknya, bagi orang yang berbuat kejahatan, akan mendapat hukuman yang berat di akhirat nanti. Oleh sebab itu, perlu bagi setiap manusia untuk menjaga akhlak mereka sesuai dengan etika yang pernah disampaikan oleh Islam.