Surah Al Baqarah Ayat 5 - QuranWeb

terms: Ayat kelima dalam Surah Al Baqarah merupakan perintah agar orang-orang yang mau beriman pada Allah SWT untuk menerima dan mengikuti petunjuk...

Surah Al Baqarah Ayat 5

Ayat kelima dalam Surah Al Baqarah merupakan perintah agar orang-orang yang mau beriman pada Allah SWT untuk menerima dan mengikuti petunjuk Nya. Petunjuk ini bisa berupa wahyu yang diwahyukan melalui para nabi dan rasul, wahyu melalui kitab suci, atau informasi yang diberikan dalam bentuk lain.


Ayat ini juga menegaskan bahwa orang yang mengikuti petunjuk Allah SWT dan taat hukum-hukumNya adalah orang-orang yang beruntung. Ini disebabkan karena mereka memiliki segala kebaikan di alam dunia dan di alam akhirat. Sebagai bentuk balasan, mereka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan kenikmatan di surga yang kekal.


Di dalam Al Quran, kita diajarkan banyak hal tentang pentingnya mengikuti petunjuk Allah SWT. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya ayat-ayat yang mengingatkan manusia tentang hal ini. Untuk memberi kita contoh, berikut ini adalah beberapa ayat yang terdapat dalam Al Quran:


Surah Al Baqarah (2): AlMasad (111): “Sungguh, sesungguhnya di dalam (peringatan) ini benar-benar (terdapat) pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal dan yang mau mendengarkan lagi mengingat”.


Surah Yunus (10): Ar Ruum (63): "Inilah petunjuk Allah. Sebab itulah orang yang beriman kepada Allah dan rasulNya akan mendapat petunjuk dan yang mempunyai keberuntungan."


Surah Al Anam (6): Al Ankabut (155): "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan ikutilah jalan orang yang menerima petunjuk (rasulNya)."


Lebih jauh lagi, kita juga diberikan beberapa contoh orang yang telah beruntung karena mengikuti petunjuk Allah SWT. Diantaranya adalah Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS dan Nabi Muhammad SAW. Ya, mereka semua beruntung karena mau mengikuti petunjuk Allah SWT dan berhasil mencapai pintu kebahagiaan yang abadi di surga.


Dari segala yang telah disebutkan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa mendapatkan petunjuk Allah SWT adalah hal yang sangat berguna bagi kita. Dengan mengikuti petunjukNya, kita akan mendapatkan petunjuk untuk mencapai kesuksesan dunia dan akhirat serta menjadi orang yang beruntung. Oleh karena itu, mari kita semua selalu berusaha untuk selalu mengikuti petunjuk Allah SWT agar kita selalu dalam keadaan yang baik dan selamat di dunia dan di akhirat.