Surah Al Baqarah Ayat 46 - QuranWeb

terms: Surah Al Baqarah merupakan surah terpanjang dalam Al Qur'an dan merupakan surah kedua dari Al Qur’an yang diturunkan kepada nabi Muhammad SA...

Surah Al Baqarah Ayat 46

Surah Al Baqarah merupakan surah terpanjang dalam Al Qur'an dan merupakan surah kedua dari Al Qur’an yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. Surah ini mempunyai 286 ayat yang diturunkan dalam rangka menyampaikan petunjuk dan pelajaran agar umat muslim bisa menjalani kehidupan sesuai dengan aturan Allah SWT. Ayat yang berjudul “Mereka yang yakin, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya” berada di dalam surah Al Baqarah Ayat 46.


Ayat ini memberikan petunjuk bahwa untuk sebuah jiwa yang ingin memasuki para malaikat, harus yakin akan akhirat dan daya tarik terhadap kematian. Dengan memiliki iman kuat dan keyakinan kuat, hal ini akan memberikan kita keyakinan akan akhirat, akhir kehidupan, dan pintu masuk penghitungan akhirat. Dan kembali kepada Allah di kehidupan akhirat.


Berdasarkan ayat ini, muslim dapat belajar, bahwa kita harus yakin akan adanya Tuhan. Kebenaran iman kita mesti disandarkan pada Tuhan, dan yakin dengan kebenaran-Nya. Adapun dalam keyakinan kita, kita harus meyakini bahwa Allah adalah Tuhan kita, Engkaulah sesuatu yang dilayani, Luasnya pengetahuan-Nya, dan kekuasaan-Nya yang abadi. Cukup banyak ayat di dalam Al Qur’an yang membahas tentang keyakinan ini, bahwa hanya Allah yang bisa dititipkan kepercayaan dalam berbagai hal.


Ayat ini juga menyampaikan bahwa semua yang tinggal serta yang telah pergi akan kembali kepada Allah. Ayat ini menceritakan bahwa setiap orang akan diuji saat mati, dimana setiap orang akan kembali kepada-Nya. Ayat ini mengandung makna, bahwa kita bisa melakukan apapun yang kita inginka saat hidup, tetapi segalanya akan menjadi sia-sia dan tak berguna ketika harin akhir didepan-Nya. Dengan demikian, ayat tersebut mengingatkan kepada kita tentang arti dari sebuah usaha yang semestinya diraih, melalui ketekunan, rendah hati, dan iman akan kepada-Nya.


Ayat ini memberikan kesadaran agar setiap orang bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Kita akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang kita lakukan ketika hidup ini, dan kita akan menghadapi menuja yang ditentukan Allah atas apa yang telah kita lakukan. Dengan demikian, kita harus yakin bahwa setiap yang dilakukan oleh kita pasti akan mendapatkan balasan dari Tuhan.


Ayat Al Qur’an ini juga mengingatkan kita bahwa semua kehidupan akan berakhir. Keesokan harinya pasti akan datang, dan setiap keputusan yang kita buat akan membuat kita menghadapi konsekuensi atas keputusan yang telah kita buat. Mengetahui hal ini, kita harus siap untuk menghadapinya dengan penuh keyakinan akan akhirat dan kepulangannya kepada-Nya.


Ayat Al Qur’an ini juga mencederai kita untuk memperkuat keyakinan kita terhadap Allah dan iman kita terhadap-Nya. Kita harus menjaga keyakinan kita terhadap Allah supaya kita bisa yakin akan janji-Nya. Semakin kita mengerjakan kebaikan dan memelihara keyakinan kita terhadap akhirat, semakin kita meraih ketenangan dan kebahagiaan. Dengan cara ini kita bisa mencapai puncak ketaqwaan, dan meraih keyakinan yang sempurna.


Ketika kita memahami ayat Al Baqarah Ayat 46 dan kesimpulan yang ditarik, kita akan tahu bahwa yang menghadirkan kualitas tertentu dalam kehidupan ini adalah keyakinan akan akhirat. Kita harus mengimani bahwa Allah adalah Tuhan dan kita akan kembali kepada-Nya, untuk memenuhi amanat-Nya. Kita juga harus yakin bahwa Allah mengatur setiap kejadian dan kita harus bergerak dengan penuh keyakinan, iman, dan bertanggung jawab terhadap setiap keputusan yang telah kita ambil. Dengan demikian, kita bisa memastikan bahwa kita akan menuju kehidupan yang lebih baik.