Surah Al Baqarah Ayat 101 - QuranWeb

terms: Ayat 101 dari surah Al-Baqarah mengisahkan tentang peristiwa Ketika datang kepada orang-orang yahudi seorang Rasul yang dikirim oleh Allah. ...

Surah Al Baqarah Ayat 101

Ayat 101 dari surah Al-Baqarah mengisahkan tentang peristiwa Ketika datang kepada orang-orang yahudi seorang Rasul yang dikirim oleh Allah. Rasul ini adalah Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW membawa sebuah wahyu yang mengkonfirmasi apa yang ada pada mereka. Setelah mendengarkan wahyu yang dibawa, sebagian dari orang-orang yang di beri Kitab Taurat melemparkan buku itu ke belakang. Ini menunjukkan bahwa mereka tidak lagi menghargai Kitab Taurat dan seolah-olah mereka tidak tahu lagi tentang isi di dalamnya.


Sebelum datangnya Rasul Muhammad SAW, orang Yahudi menganggap bahwa Taurat adalah kalimat yang diturunkan oleh Allah dan merupakan wahyu yang suci hingga semua hal yang terkandung di dalamnya harus dipatuhi. Kitab Taurat adalah hukum yang paling penting dalam agama Yahudi. Namun setelah datangnya Rasul Muhammad SAW, yang membawa wahyu yang mengkonfirmasi apa yang ada di dalam Taurat, beberapa di antara mereka melemparkan buku itu karena mereka tidak lagi menghargai Kitab Taurat. Ini menunjukkan bahwa mereka telah melupakan nilai-nilai agama mereka dan sepertinya telah lupa tentang isi dari Kitab Taurat.


Arti dari ayat ini adalah bahwa Allah mengirimkan Rasul Muhammad SAW sebagai imam yang dihormati dan dicintai oleh semua umat. Ini menunjukkan kepada kita bahwa Allah telah mengirimkan Rasul Muhammad SAW untuk menegakkan nilai-nilai agama dan menegakkan hukumnya. Alangkah bodohnya orang yang melemparkan Kitab Taurat ke belakang punggung mereka hanya karena mereka tidak lagi menghargai nilai-nilai agama mereka.


Dengan ayat ini Allah juga ingin memberi peringatan kepada umat-Nya yang melewatkan hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh-Nya. Jangan biarkan orang lain mengajak kita mengabaikan hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh Allah.


Ayat ini juga mejejaki sebuah pelajaran penting kepada kita bahwa kita tidak dapat mentaati Allah dengan meninggalkan hukum agama, tetapi setelah datang Nabi Muhammad SAW sebagai pengikutnya, kita harus taat kepadanya dan mentaati wahyu yang telah dibawa oleh Rasul ini. Ini adalah cara kita mematuhi Allah dan wahyu Tuhan.


Untuk menyimpulkan, ayat 101 dari surah Al-Baqarah mengajarkan kepada kita bahwa kita harus patuh dan mentaati Allah dengan menghormati nilai-nilai agama kita dan tidak mengabaikan hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh-Nya. Kita juga harus mengikuti setiap wahyu yang dibawa oleh Rasul-Nya yaitu Nabi Muhammad SAW, dan tidak melempar Kitab Taurat yang di dalamnya terkandung nilai-nilai agama dan hukum-hukum yang disebut Allah.