Surah Yunus Ayat 67 - QuranWeb

terms: Surah Yunus ayat 67 berisi tentang kekuasaan Allah SWT dan anugerah-Nya bagi umat manusia. Allah SWT telah menciptakan malam agar manusia da...

Surah Yunus Ayat 67

Surah Yunus ayat 67 berisi tentang kekuasaan Allah SWT dan anugerah-Nya bagi umat manusia. Allah SWT telah menciptakan malam agar manusia dapat beristirahat setelah kegiatan seharian. Malam juga telah Allah SWT sama rasakan pada manusia agar orang dapat mengurungkan diri di malam hari untuk melakukan ibadah dan memanjatkan doa-doa kepada Allah SWT.


Selain itu, malam juga telah Allah SWT jadikan sebagai penunjang kehidupan manusia. Beberapa makhluk hidup yang cukup membantu manusia dalam mencukupi kebutuhannya, seperti serangga atau burung-burung, juga tidak dapat bekerja pada siang hari. Dengan adanya malam, mereka bisa aktif berkegiatan.


Selanjutnya, Allah SWT juga menjadikan siang harinya terang benderang, yakni dengan adanya matahari. Ia bertugas membantu manusia dalam mengatur jadwal, melakukan berbagai aktivitas, dan sebagainya. Melalui adanya sang surya ini, umat manusia juga dipastikan memperoleh sinar matahari yang cukup untuk mencukupi kebutuhan gizinya.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa Surah Yunus Ayat 67 mengingatkan kepada manusia betapa bahagianya mereka karena Allah SWT telah menyediakan keseimbangan yang sempurna antara siang dan malam hari. Wahyu tersebut juga bertujuan agar manusia selalu berterima kasih kepada Allah SWT atas semua anugrah-Nya kepada manusia.


Selain itu, dengan mengingat ayat tersebut pun seharusnya manusia menjadi bijak dalam menggunakan keseimbangan antara siang dan malam. Apabila manusia kerap menyoalahgunakan salah satu waktunya, ia akan mendapat dampak yang berbahaya. Misalnya, bila berlama-lama terjaga pada malam hari, tubuh pun akan mengalami kelelahan dan kemungkinan akan mendapat gangguan kesehatan.


Ayat di atas pun bertujuan mengingatkan manusia bahwa Allah SWT telah menciptakan segala sesuatu dengan seimbang. Dengan begitu, selayaknya manusia mengikuti sistem dengan baik, menjalani siang dan malam hari dengan benar sebagai ungkapan syukur yang setinggi-tingginya kepada Allah SWT.


Kesimpulannya, Surah Yunus ayat 67 merupakan isyarat yang sangat penting bagi umat manusia. Melalui ayat ini, Allah SWT ingin menyampaikan kepada manusia jika Allah SWT telah menciptakan segala sesuatu secara seimbang. Oleh karena itu, manusia seharusnya senantiasa mengucapkan syukur kepada Allah dan menjalani kehidupan dengan lebih baik.