Surah Yunus Ayat 65 - QuranWeb

terms: Surah Yunus Ayat 65 menerangkan tentang kuasa Allah yang punya segala hal menurut jalan yang dikehendaki-Nya. Ayat ini juga mengingatkan kep...

Surah Yunus Ayat 65

Surah Yunus Ayat 65 menerangkan tentang kuasa Allah yang punya segala hal menurut jalan yang dikehendaki-Nya. Ayat ini juga mengingatkan kepada Nabi Muhammad a.s agar jangan merasa sedih dengan apa yang dikatakan oleh orang lain karena Allah adalah Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.


Dalam konteks Ayat ini, Allah telah mengingatkan kepada nabi agar jangan terlalu sedih dengan perkataan mereka yang kurang sopan terlebih dahulu. Disebutkan bahwa Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui apa yang mereka lakukan. Ini berarti bahwa Dia Maha Mengetahui semua yang terjadi, mengapa orang berkata apa yang ia katakan dan berbagai informasi lainnya. Oleh karena itu, Allah tahu apa yang terbaik untuk Nabi Muhammad a.s.


Allah berfirman dalam Surah Yunus ayat 65:“ Dan janganlah engkau (Muhammad) sedih oleh perkataan mereka. Sungguh, kekuasaan itu seluruhnya milik Allah. Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui". Ini berarti bahwa Allah telah mengingatkan Nabi Muhammad a.s untuk jangan sedih tertulari oleh perkataan orang lain dan juga ingatlah bahwa semua kuasa ada milik Allah, yaitu Dia yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.


Ayat ini juga mengingatkan bahwa Allah adalah Yang Maha Tahu tentang semua yang sedang berjalan. Inilah yang membuat kitap perlu selalu berpegang pada Allah dalam semua hal. Allah memberi kita jaminan bahwa dia Maha Mengetahui, Maha Mendengar dan dia yang menguasai segala hal.


Kita semua dapat berharaplah pada ayat yang mendasari bahwa setiap situasi yang berlangsung pada saat itu adalah hasil dari keputusan yang diambil oleh Allah. Inilah yang mengingatkan kita agar selalu berpegang pada Allah dan berserah kepada-Nya dalam semua hal. Dia akan memudahkan setiap masalah yang kita hadapi dengan mudah tanpa harus merasa stres karena menghadapi situasi yang sulit atau ketidakpastian.


Kemudian, kita juga harus tetap yakin bahwa Allah pasti akan selalu menjadi kekuasaan dalam setiap skenario yang mungkin ada. Dia juga selalu menjaga kita dari kejahatan dan bahaya. Dengan sedikit doa dan keyakinan, Allah akan menemukan jalan untuk menyelesaikan masalah dengan mencukupi kebutuhan kita dan membuat kita bahagia.


Akhirnya, ayat ini mengingatkan kita bahwa kita harus merasa yakin bahwa Allah selalu berada di samping kita. Kita harus mengingat bahwa Allahlah yang memiliki segala sesuatu dan kita hanya mengikutinya. Kita harus mengingat bahwa Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui dan tentu pasti juga Maha Penyayang sehingga kita harus punya keyakinan pada-Nya dan juga percaya bahwa Dia senantiasa melindungi umat manusia.