Surah Yunus Ayat 64 - QuranWeb

terms: Surah Yunus (disebut juga Surah Yunus) adalah surah ke-10 dalam Al-Qur’an. Surah ini terdiri dari 109 ayat. Surah Yunus dimulai dengan penye...

Surah Yunus Ayat 64

Surah Yunus (disebut juga Surah Yunus) adalah surah ke-10 dalam Al-Qur’an. Surah ini terdiri dari 109 ayat. Surah Yunus dimulai dengan penyebutan nama Nabi Yunus, seorang nabi yang telah dikirim oleh Allah ke Bani Israil untuk menyampaikan ajarannya. Ayat yang akan kita bahas kali ini adalah Ayat ke-64 dari Surah Yunus, yang berbunyi: “Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan di akhirat. Tidak ada perubahan bagi janji-janji Allah. Demikian itulah kemenangan yang agung.”


Keseluruhan ayat ini mengingatkan kita tentang kemenangan yang akan didapatkan oleh orang-orang yang mengikuti Allah, baik di dalam kehidupan duniawi maupun kehidupan diakhirat. Ini adalah berita gembira bagi mereka; berita gembira karena mereka akan mendapatkan pahala di dunia dan di akhirat. Sebagai orang yang beriman, kita harus ingat bahwa Allah adalah yang paling mengetahui dan berkuasa atas segala sesuatu dan janji-janjinya tidak akan pernah berubah.


Ayat ini juga mengingatkan bahwa semua yang dilakukan oleh umat manusia di dunia ini adalah sia-sia jika tidak dinilai dan dihargai melalui cara yang suci dan baik. Kemenangan yang sebenarnya diakhirat akan diperoleh hanya melalui upaya konsisten dan kesabaran dalam kepatuhan kepada Allah dan ajaran agama. Bersama-sama dengan usaha yang tulus, kita juga harus memiliki keyakinan yang teguh bahwa Allah tidak akan pernah mengubah janji-janji yang telah diberikan-Nya.


Ayat ini juga mengajak kita untuk tidak mengikuti cobaan dan penghakiman duniawi. Sebagai orang yang beriman, kita harus meyakini bahwa Allah akan memberikan pahala yang hanya kepada mereka yang benar-benar bertakwa dan berbuat yang baik. Dan meskipun akan ada rintangan dan tantangan dalam hidup kita, kita harus selalu optimis bahwa Allah tidak akan pernah mengubah janjiNya untuk memberikan kita kemenangan yang agung di akhirat. Dengan demikian, ayat ini mengingatkan kita semua untuk tetap teguh dalam perjuangan kita untuk mencapai kesalehan, dan untuk tidak menyerah pada penghakiman duniawi tersebut.


Dengan kata lain, ayat ini mengingatkan kita bahwa orang-orang yang taat kepada Allah dan memegang teguh ajaran agama akan mendapatkan kemenangan yang abadi di akhirat. Berita gembira ini diwakili dengan jelas dalam Surah Yunus ayat 64. Orang-orang yang teguh percaya kepada Allah dan tidak menyerah akan mendapatkan pahala dari Allah, dan mereka akan mencapai kebahagiaan yang sesungguhnya di akhirat. Meskipun terkadang terjadi perubahan dalam kehidupan duniawi, namun janji-janji Allah adalah kebenaran yang abadi, dan karena itu merupakan kunci kemenangan yang agung.