Surah Hud Ayat 36 - QuranWeb

terms: Ayat 36 dari surah Hud menjelaskan tentang sifat orang-orang yang beriman dibandingkan dengan orang-orang yang tidak beriman. Allah telah me...

Surah Hud Ayat 36

Ayat 36 dari surah Hud menjelaskan tentang sifat orang-orang yang beriman dibandingkan dengan orang-orang yang tidak beriman. Allah telah menyampaikan wahyu ini kepada Nabi Nuh agar ia dapat memahami bahwa tidak semua dari kaumnya akan beriman. Oleh karena itu, Allah memerintahkan Nabi Nuh agar tidak berharap bahwa semua orang di sekitarnya akan beriman.


Konsep dibalik ayat ini adalah bahwa Allah telah menyatakan kepada Nabi Nuh bahwa mereka yang benar-benar beriman merupakan golongan minoritas dalam kaumnya. Oleh karena itu, Nabi Nuh tidak boleh berharap bahwa semua orang akan beriman. Perintah ini sebagai teguran kepada Nabi Nuh agar tidak bersedih hati atau kecewa dengan tingkah laku orang-orang yang berbuat maksiat di sekitarnya. Ini adalah luapan Allah agar Nabi Nuh tidak mudah putus asa dalam menyebarkan pesan Allah.


Kita juga harus memahami bahwa ayat ini menunjukkan bahwa Allah bersifat qadim. Dalam kalimat "dan diwahyukan kepada Nuh", Allah menunjukkan bahwa Ia telah mengetahui bahwa hanya orang-orang beriman yang benar-benar akan mengikuti Nabi dan mengikuti perintah-Nya. Dengan demikian, ketika Nabi Nuh berjuang untuk menyampaikan pesan Allah, Ia tahu bahwa perjuangan itu pasti akan berhasil.


Konso keseharian yang bisa kita tarik dari ayat ini adalah bahwa kita harus percaya dan yakin bahwa Allah menyatakan adanya orang-orang yang akan beriman. Kita tidak perlu kecewa atas orang-orang yang tidak mau menerima pesan Allah karena lebih baik untuk mengajak mereka kepada jalan yang benar secara perlahan. Kita juga harus selalu berdoa agar Allah senantiasa memberkahi perjuangan kita untuk menyebarkan pesan-Nya kepada seluruh alam.


Kesimpulannya, ayat ke-36 dari surah Hud mendidik kita untuk optimis meskipun orang lain belum mengerti dan menerima pesan Allah. Kita juga dituntut untuk selalu berharap yang terbaik dan tetap berjuang untuk menyebarkan pesan Allah ke berbagai tempat. Allah telah menjamin jika orang-orang yang beriman akan tetap berada di jalan yang benar dan akan menjadi bukti bahwa pesan Allah akan tetap tersebar meskipun orangtua hanya sedikit.