Surah Hud Ayat 24 - QuranWeb

terms: Surah Hud ayat 24 mencomparasikan orang-orang yang tidak beriman dengan orang-orang yang beriman sebagai perumpamaan dua golongan yang berbe...

Surah Hud Ayat 24

Surah Hud ayat 24 mencomparasikan orang-orang yang tidak beriman dengan orang-orang yang beriman sebagai perumpamaan dua golongan yang berbeda. Disebutkan bahwa orang-orang yang tidak beriman seperti orang buta dan tuli, tidak dapat melihat atau mendengar apa-apa, sementara orang-orang yang beriman seperti orang yang dapat melihat dan dapat mendengar.


Perbandingan ini dibuat untuk memberikan sesuatu yang bisa diajarkan, bahwa orang-orang yang beriman dapat melihat dengan jelas dan mengerti apa yang sebenarnya terjadi dan potensi risiko dari tindakan mereka, dan bahwa mereka mampu mengenal dan bersikap sesuai dengan apa yang benar, sesuai dengan syariat, atas perintah Allah SWT.


Sedangkan orang-orang yang tidak beriman adalah seperti orang yang buta dan tuli, yang tidak dapat melihat atau mendengar. Mereka mungkin mengetahui bahwa syariat Allah SWT dicurahkan dari Surga, tetapi mereka tidak dapat menangkap makna dan kandungannya. Mereka berpendirian yang salah dan melakukan tindakan yang salah. Karena mereka buta dan tuli, mereka tidak dapat mengerti dan melihat apa yang harus mereka lakukan dan risiko yang melekat pada tindakan mereka.


Itulah sebabnya, Allah SWT mengajarkan untuk memahami perbedaan antara orang-orang yang beriman dan orang-orang yang tidak beriman yang disamakan dengan orang yang melihat dan mendengar dengan orang yang buta dan tuli. Perbandingan ini berfungsi sebagai pengajaran bahwa orang yang beriman harus memberikan kesaksian tentang kebenaran agama, mengikuti petunjuk dan perintah Allah, dan tidak melakukan tindakan yang merusak jati diri Allah SWT, atas nama syariatNya.


Selain itu, ini juga menjadi peringatan untuk orang-orang yang berdosa agar berhenti dari dosa dan juga memberi contoh bagi orang-orang beriman yang ditunjukkan oleh para nabi supaya mereka selalu menekankan ketakwaan dan kepatuhan. Sebab, buta dan tuli tidak dapat melihat atau mendengar, dan di sisi lain orang yang melihat dan mendengar dapat mengikuti petunjuk-Nya dengan jelas dan sempurna.


Sebagaimana yang dikatakan di dalam Surah Hud ayat 24, semoga kita dapat mengambil pelajaran dari perbandingan ini dan mengikuti petunjuk-Nya dengan kesaksian, ketakwaan dan kepatuhan agar hidup kita damai dan di hari Akhir, kita akan menerima balasan yang baik dariNya. Amin.