Surah At-Taubah Ayat 59 - QuranWeb

terms: Surah At-Taubah ayat 59 menyatakan bahwa jika orang-orang beriman benar-benar merasa puas dengan apa yang diberikan oleh Allah dan Rasul-Nya...

Surah At-Taubah Ayat 59

Surah At-Taubah ayat 59 menyatakan bahwa jika orang-orang beriman benar-benar merasa puas dengan apa yang diberikan oleh Allah dan Rasul-Nya kepada mereka beserta pengajaran-pengajaran yang diaduannya, dan mereka berucap dengan penuh cinta, "Cukuplah Allah bagi kami, Allah dan Rasul-Nya akan memberikan kepada kami sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya kami orang-orang yang berharap kepada Allah."


Maksud pernyataan di atas adalah bahwa jika kita percaya bahwa Allah yang Mahakuasa dan Rasul-Nya adalah pemberi petunjuk dan mengehendaki kebaikan kita, maka kita harus beristiqomah dan selalu taat kepada Nya. Kita harus menampikan semua rintangan yang dihadapi dan tetaplah merupakan orang-orang yang beriman.


Pemahaman pokok disini adalah bahwa jika kita benar-benar percaya kepada Allah dan Rasul-Nya, kita harus beristiqomah dan berharap kepada Nya untuk menyempurnakan segala sesuatu yang kita berharapkan. Kita harus bersabar menghadapi segala rintangan dan berusaha menunjukkan sikap yang bersyukur kepada-Nya atas apa yang telah diberikan-Nya kepada kita.


Kebaikan yang Allah berikan kepada kita memiliki begitu banyak manfaat. Sebagai contoh, dengan mengikuti tuntunan Alquran, kita dapat membuktikan kesetiaan dan cinta kepada Allah. Dengan berbakti kepada Rasul-Nya, kita akan mengetahui ajaran-ajaran yang benar, yang semuanya akan membawa manfaat dan kesenangan hidup yang lebih baik.


Kata-kata Allah dan Rasul-Nya harus kita ikuti dengan penuh kesungguhan dan kami harus bertakwa kepada-Nya. Penggunaan bahasa pakai biasa sebagai silaturahmi dan bertindak dalam jalan Allah dengan bertutur kata sopan harus kita jaga, dan kata-kata nista dengan segala bentuk jauh harus kita hindari.


Selain itu, jika kita benar-benar bersyukur kepada Allah atas karunia-Nya, kita harus mengikuti segala perintah-Nya, meninggalkan larangan-larangan-Nya, dan mendukung ahli kitab agar mereka semua bersatu. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan penerangan hati dan jiwa dan petunjuk yang tepat.


Oleh karena itu, jika kita mahu berbuat ibadah kepada Allah, kita harus beristiqomah dan bersyukur atas pelimpahan rahmat-Nya dan redha-Nya terhadap kita. Kita juga harus berharap kepada-Nya untuk mendapatkan petunjuk yang tepat, dan berbakti kepada Nya dengan menepati segala perintah-perintah dan larangan-larangan yang dijelaskan oleh-Nya dan Rasul-Nya.