Surah At-Taubah Ayat 57 - QuranWeb

terms: Surah At-Taubah ayat 57, merupakan salah satu ayat dari Al-Qur'an yang bertalian dengan pengertian tentang di mana untuk berlindung ketika d...

Surah At-Taubah Ayat 57

Surah At-Taubah ayat 57, merupakan salah satu ayat dari Al-Qur'an yang bertalian dengan pengertian tentang di mana untuk berlindung ketika dalam keadaan yang Genting dan Tentara musuh akan mengejar kita. Ayat ini menyatakan bahwa jika orang memiliki tempat perlindungan, baik gua-gua atau lubang-lubang di dalam tanah, maka mereka akan melarikan diri dengan secepat-cepatnya ke tempat tersebut. Dengan kata lain, ayat ini menegaskan bahwa ketika suatu kondisi Genting, kita akan melarikan diri ke tempat yang memberikan perlindungan terbaik.


Ayat ini menyatakan tentang perlindungan yang bisa diperoleh ketika kita dalam bahaya. Allah menjelaskan bahwa manusia akan berupaya untuk mencari tempat terbaik untuk berlindung ketika berada dalam kondisi yang mengancam nyawa. meskipun ketika ini kita tidak bisa mencegah musuh untuk berkuasa atas kita, kita bisa bersembunyi dan melarikan diri ke tempat yang memberikan perlindungan. Ada banyak cara untuk mendapatkan perlindungan lain selain bertemped persembunyi disebuah gua atau lubang di tanah.


Secara gamblang dan jelas, ayat ini sebagaimana dikutip, "Sekiranya mereka memperoleh tempat perlindungan, gua-gua atau lubang-lubang (dalam tanah), niscaya mereka pergi (lari) ke sana dengan secepat-cepatnya." ayat ini menggarisbawahi kesadaran dan kepekaan manusia akan perlindungan. Ayat ini menyatakan bahwa jika manusia memiliki tempat perlindungan, gua-gua atau lubang di dalam tanah, maka mereka cenderung untuk segera melarikan diri ke sana di saat bahaya ada di sekitar.


Surah At-Taubah ayat 57 ini juga memberikan peringatan dan pesan untuk orang-orang yang musuhnya tak terlihat. Seperti yang dapat dilihat, Allah mengatakan bahwa jika manusia memiliki tempat yang memberikan perlindungan, maka mereka akan berupaya untuk melarikan diri dan melindungi diri sendiri dengan cara yang terbaik. Meskipun di masa lalu ini seolah-olah tidak penting, di masa kini kita dapat memahami makna ayat ini sebagai sinyal jika berada dalam kondisi Darurat untuk segera berlindung dan melarikan diri dari bahaya.


Selain itu, ayat ini juga berfungsi sebagai bagian dari kesabaran dan pemberian tanggung jawab. Menurut ayat ini, kita akan melindungi diri dan diri orang lain yang sejauh mungkin. Selain itu, kita harus mampu mempertimbangkan berbagai pilihan kita jika berada dalam situasi yang sama. Keluar dari rutinitas harian kita dan mampu berfikir langsung dalam situasi darurat seperti diungkapkan dalam Surah At-Taubah ayat 57 akan memberikan keintiman dalam tindakan kita, dan membuat seseorang berupaya melindungi hidup mereka.


Secara keseluruhan, Surah At-Taubah ayat 57 berfungsi sebagai isyarat tentang keinginan manusia untuk melindungi diri dan diri orang lain ketika berada dalam kondisi Genting, tentang bagaimana kita harus mencari perlindungan secepat mungkin dan mampu mempertimbangkan kondisi kita dalam situasi Darurat. Kisah kehidupan diukir dan dipaparkan dengan indah dalam ayat ini, menjadi isyarat bermakna untuk orang yang membacanya dan memahaminya.