Surah At-Taubah Ayat 56 - QuranWeb

terms: Surah At-Taubah ayat 56 adalah sebuah ayat ucapan hikmat Al-Quran yang menerangkan tentang perilaku dan akhlak orang-orang munafik. Ayat ter...

Surah At-Taubah Ayat 56

Surah At-Taubah ayat 56 adalah sebuah ayat ucapan hikmat Al-Quran yang menerangkan tentang perilaku dan akhlak orang-orang munafik. Ayat tersebut memberikan pelajaran yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membuka mata kita dalam mengenali musuh Allah dan Rasul-Nya yang menyamar untuk tujuan tertentu.


Kata-kata Allah "Dan mereka (orang-orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa sesungguhnya mereka termasuk golonganmu; namun mereka bukanlah dari golonganmu, tetapi mereka orang orang yang sangat takut (kepadamu)” memberi tahu kita bahwa orang-orang munafik bersumpah bahwa mereka berada di samping orang yang beriman. Mereka percaya bahwa ucapan mereka akan menipu orang lain agar mengira mereka adalah orang yang beriman. Akan tetapi, Allah dalam ayat ini gambarkan bahwa orang-orang munafik adalah hipokrit yang bersembunyi. Mereka yang diragukan dan dipermalukan ketika akan diketahui bahwa mereka tidak beriman.


Kata Allah ini juga menekankan tentang takut orang-orang munafik kepada orang yang beriman, padahal ucapan mereka seperti mereka berada di samping orang beriman. Evident Salah satu alasan orang munafik bertindak seperti itu adalah untuk menghindari kemarahan orang beriman ketika sebenarnya kebenaran paham mereka terungkap.


Satu pelajaran lain yang dapat diambil dari Surah At-Taubah ayat 56 adalah bagaimana orang munafik mudah tertipu dan dengan mudah berpangalitian ketika berhadapan dengan kenyataan. Mereka dengan mudah menyalahkan orang lain dan mencari-cari cara untuk melepaskan diri dari ‘ketidakbermaknanaan’ diantara orang beriman.


Kata-kata Allah dalam ayat ini juga mengingatkan kita tentang pentingnya mengenal orang munafik dan membuat jernih alias pastikan bahwa tidak ada hipokrit dalam jamaah kita atau antara orang yang dikenal. Dalam Islam semuanya adalah transparent dan tidak ada “kaya bunga” di dalamnya. Pengamalan Islam akan mendorong kita untuk memperlakukan orang lain dengan hormat dan saling dukungan.


Surah At-Taubah ayat 56 telah memberikan kita sebuah pengajaran penting yang mudah untuk kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mari kita berluman dengan hikmat surah ini untuk membuat setiap saat kita dalam kebenaran dan menghalalkan jihad yang luhur seperti menunaikan hak serta kewajiban kepada Allah dan Rasul-Nya.