Surah At-Taubah Ayat 38 - QuranWeb

terms: Surah At-Taubah Ayat 38 adalah salah satu ayat yang terdapat dalam Al-Quran. Ayat 38 menegaskan pentingnya orang-orang beriman untuk turut b...

Surah At-Taubah Ayat 38

Surah At-Taubah Ayat 38 adalah salah satu ayat yang terdapat dalam Al-Quran. Ayat 38 menegaskan pentingnya orang-orang beriman untuk turut berperang di jalan Allah. Ayat ini juga menyebutkan dampak buruk bagi orang-orang yang menolak untuk berperang di jalan Allah.


Kata-kata atau klausa "berangkatlah (untuk berperang) di jalan Allah" adalah tanda untuk orang-orang beriman agar mereka bersedia untuk meninggalkan rumah mereka demi berperang "di jalan Allah". Ayat ini menyatakan bahwa terkadang orang beriman merasa berat untuk berangkat dan ingin tidak meninggalkan rumah mereka.


Namun, selanjutnya, Al-Qur'an juga menyebutkan dampak buruk pada orang yang tidak mengikuti perintah Allah untuk berperang di jalan-Nya. Dalam ayat ini, pengujian Allah untuk umatnya adalah untuk menghindari kehidupan di dunia dan menginginkan kehidupan di akhirat. Ayat menceritakan bahwa orang-orang yang ingin meninggalkan jihad (perang suci) di jalan Allah dan memilih untuk tinggal di tempat mereka adalah simbol (tanda) yang menunjukkan bahwa orang-orang beriman lebih percaya kepada kehidupan duniawi daripada kehidupan akhirat.


Di akhir ayat 38, Allah menyatakan bahwa kesenangan dunia jauh dari kesenangan akhirat. Ini berarti bahwa kesenangan dunia hanyalah sementara dan tak terbanding dengan kesenangan akhirat yang abadi.Oleh karena itu, ayat ini mengindikasikan kepada kita semua untuk bersikap rasional dan jangan sampai mencintai dunia melebihi cinta kita terhadap kehidupan di akhirat.


Dari ayat 38 Surah At-Taubah ini, kita dapat menyimpulkan bahwa setiap orang alsoa harus bersedia untuk berperang di jalan Allah karena itu adalah penting bagi kehidupan di akhirat. Kita juga harus lebih menikmati kehidupan di akhirat daripada menikmati kehidupan di dunia. Jadi, marilah kita bersama-sama berjuang di jalan Allah karena janji Allah pasti tepat waktu.