Surah At-Taubah Ayat 13 - QuranWeb

terms: Ayat 13 Surah At-Taubah menyatakan tentang dasar logika bentuk inti, yaitu 'seandainya'. Bagian dari ayat ini mengutip 'apakah kamu tidak me...

Surah At-Taubah Ayat 13

Ayat 13 Surah At-Taubah menyatakan tentang dasar logika bentuk inti, yaitu 'seandainya'. Bagian dari ayat ini mengutip 'apakah kamu tidak memerangi orang-orang yang melanggar sumpah (janjinya)'. Ini adalah pertanyaan retorik yang berfungsi untuk mengajak orang untuk berpikir tentang alasan mereka tidak memerangi musuh-musuh mereka.


Ayat ini juga menyebutkan tentang rencana untuk mengusir Rasulullah SAW. Seperti yang kita ketahui, Umat Islam diperintahkan untuk melindungi Rasulullah SAW dari segala ancaman baik fisik maupun spiritual. Jangan sampai Rasulullah SAW diusir dari Tanah Haram. Meskipun Rasulullah SAW adalah utusan Allah yang bijaksana, ia tetap manusia yang layak untuk dihormati dan dilindungi.


Ayat ini juga berbicara tentang siapa yang pertama kali memerangi orang-orang Islam. Atheis Makkah adalah yang pertama melakukan penyerangan terhadap orang-orang Islam. Mereka melakukan ini dengan berbagai cara. Mereka berusaha mengejar orang-orang yang ingin menyebarkan agama Islam. Mereka melecehkan orang-orang Islam, melempari mereka dengan batu dan telah menikahkan seorang kanak-kanak Muslim berumur 5 tahun.


Ayat terakhir, Allah SWT juga menanyakan mengapa orang-orang yang beriman tidak takut dan tertakuti oleh musuh-musuh mereka. Allah SWT memberi tahu orang-orang beriman bahwa Allah-lah yang lebih berhak untuk ditakuti. Bertakwalah kepada AllahSWT dan jangan pernah masuk kedalam kegelapan orang-orang yang mengingkari kebenaran . Ketika kekuatan manusia mungkin hilang, kekuatan Immanuel Allah tidak akan pernah habis. Semua perbuatan manusia yang berbuat kebaikan mempunyai nilai di sisi Allah.


Untuk menyimpulkan, ayat tersebut disampaikan oleh Allah SWT kepada para pengikutnya untuk menginformasikan mereka tentang konsekuensi dari setiap tindakan. Tujuannya adalah untuk mengingatkan manusia untuk selalu takut kepada Allah dan tidak menyerah pada usaha musuh-musuh mereka. Kita semua diharapkan untuk berlaku adil dalam segala hal dan bertindak tanpa pamrih. Kita wajib memerangi siapa pun yang telah melanggar kesepakatan, telah berusaha untuk mengusir SAW dan telah menyerang umat Muslim pertama kali. Ini adalah anugerah terbaik yang Allah SWT hadiahkan kepada umat Islam.