Surah Al-An'am Ayat 72 - QuranWeb

terms: Ayat 72 dari surah Al-An'am (Ternak) adalah tentang Allah SWT mengingatkan kita semua bahwa Dia adalah Tuhan semesta alam. Dia berfirman: “D...

Surah Al-An'am Ayat 72

Ayat 72 dari surah Al-An'am (Ternak) adalah tentang Allah SWT mengingatkan kita semua bahwa Dia adalah Tuhan semesta alam. Dia berfirman: “Dan Dialah Tuhan yang kepada-Nya kamu semua akan dihimpun.” Maksud dari ayat ini adalah bahwa Meskipun kita orang beda-beda, berbeda keyakinan dan berbeda logika, kita semua akan kembali kepada Allah SWT. Kita menjalani hidup dengan cara yang berbeda, sama seperti kita berpakaian secara berbeda, tapi waktu keluar dari dunia ini, semua jiwa akan dipanggil oleh Allah SWT.


Kita juga dapat mengambil pelajaran dari ayat ini, bahwa kita harus menjalani hidup dengan bertakwa kepada Allah SWT. Kita harus mengikuti petunjuk-Nya dan melaksanakan perintah-Nya, terutama salat, yang merupakan tiang agama Islam. Berdasarkan ayat ini, kita harus menyadari bahwa kita wajib terhadap Tuhan atau Allah SWT. Kita harus bertindak seolah-olah semua teman yang kita miliki, semua ini akan menemui kembali Tuhan di akhirat.


Oleh karena itu, kita harus memahami bahwa semua aksi kita, baik kecil maupun besar, diawasi oleh Tuhan yang Maha Sempurna. Kita harus fokus melakukan amal saleh yang pasti akan mendapat pahala dan berkata benar serta bersikap baik kepada sesama manusia. Kita harus meninggalkan perbuatan-perbuatan yang buruk dan diharamkan oleh agama serta melakukan segalanya hanyalah atas kehendak Tuhan.


Ayat 72 dari Al-An'am ini juga mengingatkan kita bahwa semua akan menemui Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus bersiap-siap untuk menghadapi pertemuan kita dengan Tuhan nanti. Kita tidak boleh melakukan suatu tindakan yang tidak pantas untuk diperlihatkan pada Allah. Kita harus menjadi manusia yang baik dan benar, dengan mematuhi semua perintah-Nya.


Kita harus bertakwa kepada Allah SWT, yaitu berkata benar dan melakukan suatu tindakan yang baik serta bersikap baik kepada sesama manusia. Ini merupakan bukti dari ketaqwaan kita terhadap Allah SWT. Dengan menjalani kehidupan seperti itu, kita akan mendapatkan pahala dan rahmat dari-Nya di kehidupan di akhirat.


Ayat 72 dari Al-An'am ini memberi kita sebuah pesan bahwa jika kita hidup di dunia dan melaksanakan salat serta bertaqwa kepada Allah SWT, kita akan dipanggil kembali oleh-Nya di akhirat. Kita harus mengikuti petunjuk-Nya dan memilih jalan hidup yang benar. Semoga kita bisa menjadi orang yang baik dan benar.