Surah Al-An'am Ayat 59 - QuranWeb

terms: Ayat 59 dalam surah Al-An'am menyebutkan tentang kekuasaan Allah SWT. Allah SWT adalah Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi dalam...

Surah Al-An'am Ayat 59

Ayat 59 dalam surah Al-An'am menyebutkan tentang kekuasaan Allah SWT. Allah SWT adalah Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi dalam alam semesta maupun yang ada di luar alam semesta. Ada kekuatan gaib yang hanya dimiliki oleh Allah SWT seperti kunci-kunci yang tidak bisa diketahui siapapun kecuali-Nya. Dalam ayat 59 juga menyebutkan bahwa Allah SWT mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui Allah SWT. Bahkan sebutir biji-biji ataupun sesuatu yang basah atau kering, yang tersembunyi di dalam kegelapan bumi, ialah sesuatu yang juga tercatat dalam Kitab yang nyata, Lauh Mahfuzh.


Inilah kenapa kita sebagai hamba Allah SWT mesti selalu berpegang teguh pada ketentuan-Nya. Allah SWT mengetahui segala yang kita lakukan, baik itu yang kita lakukan dalam wujud harta maupun dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan menghidupi syariat-syariat Allah SWT, kita juga bisa mencapai kebahagiaan dunia dan akherat. Allah SWT juga mengetahui segala yang tersembunyi yang kita tidak bisa lihat, maupun kita bisa lihat sekalipun. Oleh karenanya, sebagai hamba Allah SWT didalam agama kita Islam yang patut kita tanamkan dalam hati adalah sikap ikhlas untuk beribadah kepada-Nya yang Maha Mengetahui.


Karena Allah SWT mengetahui segala sesuatu, baik yang kelihatan maupun yang tersirat, dalam agama kita Islam, Allah SWT juga mengajarkan kita untuk takut pada-Nya. Artinya kita mesti berani mengakui bahwa kita sesungguhnya tidak bisa apa-apa tanpa bantuan-Nya. Allah SWT yang Maha Mengetahui tidak akan pernah melakukan sesuatu yang buruk-buruk terhadap hamba-Nya. Dengan berfikir dan perbuatan yang baik, kita akan mendapat petunjuk nyata dari Allah untuk meneladani salah satu keutamaan hidup yang diajarkan dalam Al-Quran, yaitu kejujuran, keadilan dan kelembutan.


Jadi dapat disimpulkan bahwa ayat 59 dari surah Al-An'am merupakan konfirmasi akan kekuasaan Allah SWT yang Maha Mengetahui segala sesuatu baik yang tersembunyi maupun yang terlihat. Karena Dia yang Maha Mengetahui, Dia akan memberi hukuman serta pahala kepada hamba-hamba-Nya yang mengerjakan perintah-Nya dan taat pada-Nya. Oleh karenanya, kita mesti berusaha untuk hidup menurut syariat-Nya dan bersedekah dari harta yang telah dianugerahkan oleh-Nya.