Surah Al-An'am Ayat 38 - QuranWeb

terms: Surah Al-An'am ayat 38 merupakan bagian dari Al Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman untuk umat muslim sepanjang z...

Surah Al-An'am Ayat 38

Surah Al-An'am ayat 38 merupakan bagian dari Al Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman untuk umat muslim sepanjang zaman. Perintah besar yang terkandung di dalam ayat ini adalah bahwa tidak ada mahluk yang hidup di bumi (dan demikian juga burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya) yang diluputkan dalam kitab yang diturunkan oleh Allah SWT. Setiap mahluk yang hidup di bumi merupakan umat seperti manusia dan akan dihimpun di hadapan Allah pada hari kiamat kelak.


Ayat ini diturunkan oleh Allah SWT untuk memancarkan rasa hormat untuk sesama makhluk yang ada di bumi. Seorang mukmin harus merasakan cinta untuk sesamanya sesuai dengan ajaran Islam. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits Nabi SAW: “Tidak ada dalam Islam kekerasan dan kekejaman. Islam adalah kasih sayang dan kelemahlembutan.” Ayat ini juga menjelaskan mengenai keragaman makhluk yang ada di bumi. Setiap hewan yang ada ini termasuk juga dalam makhluk Allah SWT yang harus dihargai dan diperlakukan dengan baik.


Ayat ini juga menekankan bahwa seseorang tidak boleh melupakan berbagi di antara binatang yang ada. Karena Allah telah menjadikan hewan sebagai umatnya yang berhak mendapatkan perlakuan yang layak. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Nabi SAW: “Sebaik-baik manusia adalah orang yang lemah lembut, cinta sesama, dan berbagi.” Oleh karena itu, seseorang tidak boleh berbuat jahat kepada binatang.


Ayat ini juga menunjukkan bahwa semua makhluk yang ada di muka bumi akan disatukan lagi di hari kiamat dan Allah SWT akan menghimpunkan setiap makhluk dan melakukan penghakiman atas segala perbuatan manusia. Ini mengingatkan kita sebagai hamba Allah untuk memastikan bahwa apa yang kita lakukan adalah benar sebelum akhirnya kita harus bertemu dengan Allah pada hari kiamat kelak.


Ayat surat Al An'am ayat 38 ini merupakan pengingat bagi kita sebagai umat muslim sejak dulu hingga sekarang untuk selalu menghargai dan bersikap adil terhadap setiap makhluk yang ada di bumi. Menghormati dan bersikap baik terhadap hewan dan bukan hanya mengambil manfaat dari hewan bagi orang lain, merupakan salah satu cara untuk menghargai ciptaan Allah. Ayat ini juga mengingatkan kita bahwa kita akan berhadapan dengan Allah pada hari kiamat dan oleh karena itu bersungguh-sungguhlah dalam beramal salih dengan mengharapkan pahala di akhirat kelak. Wallahu A’lam.