Surah Al-An'am Ayat 26 - QuranWeb

terms: Surah Al-An'am Ayat 26 adalah ayat yang menceritakan tentang orang-orang yang tidak mau mendengarkan Al-Qur'an dan berusaha menghalangi oran...

Surah Al-An'am Ayat 26

Surah Al-An'am Ayat 26 adalah ayat yang menceritakan tentang orang-orang yang tidak mau mendengarkan Al-Qur'an dan berusaha menghalangi orang lain untuk mendengarkan. Mereka merasa bahwa Al-Qur'an ini tidak ada gunanya dan hanya akan menyulut perdebatan dan tidak ada yang bisa percaya akan kebenarannya. Oleh karena itu mereka berusaha melarang orang lain untuk mendengarkan ayat-ayat Al-Qur'an.


Akan tetapi, Allah memperingatkan dalam ayat ini bahwa mereka yang melarang yang lain dan menjauhkan diri dari Al-Qur'an hanya akan menyiksa dirinya sendiri. Mereka tidak menyadari bahwa mereka itu sendiri yang bercita-cita untuk mendapatkan rahmat dan keridhoan dari Allah swt. Namun, mereka malah melarang orang lain untuk mendengarkan ayat-ayat Al-Qur'an yang mengandung banyak rahmat dan nikmat bagi mereka.


Mereka juga lupa bahwa Allah swt. telah memerintahkan umat islam untuk mendengarkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan penuh kerelaan dan kesadaran. Karena Al-Qur'an adalah petunjuk bagi manusia dalam menjalani kehidupan dengan benar. Di dalamnya juga terdapat petunjuk untuk kebaikan dan kebenaran, juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dan berlaku adil dalam hidup.


Karena itu, ayat ini mengingatkan kita bahwa kita tidak boleh melupakan makna dan hakikat Al-Qur'an. Allah swt telah memberikan kebaikan dan kasih sayang yang luar biasa dalam Al-Qur'an. Oleh karena itu, kita seharusnya berusaha meningkatkan hafalannya dan mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.


Kesimpulannya, Ayat Al-An'am 26 memperingatkan kita agar jangan melarang orang lain mendengarkan Al-Qur'an dan jangan menjauhkan diri dari ayat-ayat Al-Qur'an. Hal ini akan mendatangkan malapetaka dan menunjukkan ketidaktahuan kita terhadap hakikat ayat-ayat Al-Qur'an. Maka kita seharusnya memberikan kasih dan juga menjauhi orang-orang yang selalu menentang ayat-ayat Al-Qur'an.