Surah An-Nisa' Ayat 40 - QuranWeb

terms: Surah An-Nisa merupakan salah satu dari 114 surah dalam Al-Qur'an. Di dalam surah ini berisi tentang hukum-hukum Allah, kewajiban para wanit...

Surah An-Nisa' Ayat 40

Surah An-Nisa merupakan salah satu dari 114 surah dalam Al-Qur'an. Di dalam surah ini berisi tentang hukum-hukum Allah, kewajiban para wanita, larangan bagi masyarakat muslim untuk bertebaran dalam hubungannya dengan Allah dan sesama manusia, serta penjelasan tentang pentingnya perdamaian dan kerukunan. Salah satu ayat yang terkandung di dalam surah ini adalah ayat 40, yang berbunyi : “Sungguh, Allah tidak akan menzalimi seseorang walaupun sebesar dzarrah, dan jika ada kebajikan (sekecil dzarrah), niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan pahala yang besar dari sisi-Nya.”


Ayat ini mengungkapkan bahwa Allah tidak akan pernah berbuat zalim terhadap seseorang bahkan sekecil dzarrah pun. Allah selalu berbuat adil dan tidak akan melakukan tindakan diskriminatif. Selain itu, Allah juga akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang berbuat kebajikan, walaupun kebajikan tersebut amat kecil. Ini menunjukkan bahwa pahala atas sebuah ibadah tidak harus terlalu besar agar kita bisa mendapatkan pahala dari Allah.


Selain itu, ayat 40 surah An-Nisa juga memberikan penegasan tentang kebajikan. Perbuatan kebajikan tidak harus berupa bentuk material atau materi pun, namun bisa juga berupa bentuk spiritual seperti saling memaafkan, menghormati orang lain, serta memberi perhatian yang positif terhadap orang lain. Semua bentuk kebajikan tersebut juga akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah.


Selain itu, di dalam ayat ini juga mengandung makna bahwa kita haruslah berbuat kebajikan meskipun sedikit. Allah merupakan Pencipta yang maha pemurah yang akan memberikan balasan yang berlipat ganda untuk setiap kebaikan yang kita lakukan, walaupun tindakan tersebut hanya amat kecil. Dengan memahami ayat ini, kita harus memanfaatkan setiap kesempatan yang kita miliki untuk berbuat kebajikan dan melaksanakan perintah-perintah Allah agar mendapatkan balasan yang baik dari-Nya.


Ayat 40 Surah An-Nisa merupakan ayat yang sangat penting dalam Al-Qur'an yang mengajak umat muslim untuk menjadi insan yang berguna bagi sesama dan melakukan amal yang baik. Ayat ini juga menegaskan hal-hal yang penting tentang kita berbuat kebajikan, menepati janji, dan taat terhadap perintah Allah agar kita bisa mendapatkan kebaikan dan pahala yang berlipat ganda dari sisi-Nya. Apabila kita mampu menerapkan ayat ini dengan benar, tentu saja kita bisa membuat hidup kita semakin baik dan menjadi manusia yang berbudi dan berakhlak mulia.