Surah Ali 'Imran Ayat 83 - QuranWeb

terms: Surah Ali 'Imran ayat 83 adalah salah satu ayat dari Al-Qur'an yang meminta kita untuk mengingat kembali hakikat Tuhan. Melalui ayat ini dit...

Surah Ali 'Imran Ayat 83

Surah Ali 'Imran ayat 83 adalah salah satu ayat dari Al-Qur'an yang meminta kita untuk mengingat kembali hakikat Tuhan. Melalui ayat ini ditegaskan bahwa segala sesuatu di bumi dan di langit telah berserah diri kepada Allah. Kita diperintahkan untuk mengikuti Allah dan mengikuti agama yang diajarkan oleh-Nya.


Ayat ini memberikan tiga hal utama:


Pertama, ayat ini menekankan pentingnya menghormati Allah dengan segala sesuatu yang ada di bumi. Allah adalah Tuhan semesta alam. Segala sesuatu di langit dan di bumi berada di bawah pengaruh dan kekuasaan-Nya. Yang dimaksud dengan "baik dengan suka maupun terpaksa" adalah semua makhluk hidup yang mengikuti perintah-Nya, baik dengan sengaja maupun dengan paksa.


Kedua, ayat ini mengingatkan kita bahwa kita tidak boleh mencari agama lain selain agama Allah. Ayat ini dapat diartikan sebagai peringatan agar kita tidak mengikuti agama-agama lain yang ada di dunia karena hanya melalui agama Allah kita dapat menjangkau kebenaran.


Ketiga, ayat ini mengingatkan kita bahwa semua makhluk hidup akan dikembalikan kepada Allah. Kata ini juga dapat ditafsirkan sebagai pengingat bahwa walaupun kita tidak mengikuti agama Allah, akhirnya semua makhluk manusia akan menemui ajal yang telah ditentukan oleh-Nya dan akhirnya akan dikembalikan kepada Allah, yaitu yang menciptakan kita.


Ayat ini juga memberikan pelajaran yang dapat kita pelajari dari kehidupan kita sehari-hari. Ini berarti bahwa untuk sukses dan tenteram kita harus hidup dengan pengamalan dan ibadah yang dilakukan sesuai dengan perintah Allah. Ini juga berarti bahwa kita harus berserah sepenuhnya kepada Allah dan menyerahkan keputusan-keputusan yang kita buat pada Allah.


Kesimpulannya, ayat ini mengingatkan kita untuk mengikuti Allah dan agama Allah, serta kita diingatkan untuk berserah diri kepada Allah dan tidak pernah mencari agama yang lain, karena semua makhluk hidup akan kembali kepada Allah pada akhirnya.