Surah Ali 'Imran Ayat 149 - QuranWeb

terms: Surah Ali ‘Imran Ayat 149 berbicara tentang bagaimana orang beriman bersikap terhadap orang-orang kafir. Firman Allah ta'ala dalam ayat ini ...

Surah Ali 'Imran Ayat 149

Surah Ali ‘Imran Ayat 149 berbicara tentang bagaimana orang beriman bersikap terhadap orang-orang kafir. Firman Allah ta'ala dalam ayat ini mengingatkan orang-orang beriman agar jangan menaati apa yang dikatakan atau disarankan oleh orang-orang kafir, karena jika mereka menuruti, tentu saja mereka akan kembali menjadi orang-orang rugi.


Ayat ini menegaskan bahwa orang beriman seharusnya tidak menuruti keinginan orang-orang kafir. Kebanyakan orang beriman cenderung terpengaruh oleh berbagai pandangan serta kebiasaan yang di miliki oleh orang kafir. Jika diteruskan, hal tersebut akan menyebabkan kemunduran dan murtadnya mereka. Oleh karena itu, ayat ini mengingatkan mereka untuk selalu berpegang teguh pada agama Islam.


Mereka harus ingat bahwa tujuan mereka bukanlah untuk mengikuti keinginan orang kafir tetapi untuk mengikuti dan memahami ajaran Islam yang benar sesuai dengan petunjuk dari Al-Quran dan sunnah. Dengan berpegang teguh pada ajaran Islam, mereka akan mendapat taufi dan hidayah dari Allah swt.


Ayat ini memberikan pesan bahwa orang-orang beriman harus menerima kebenaran dari sumber yang benar. Mereka harus menaati hukum yang telah di tentukan di dalam Al-Quran dan ajaran-ajaran Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Mereka juga dianjurkan untuk membaca, berdzikir dan berada di tempat ibadah, karena semua hal inilah yang dapat membawa mereka menuju ketaqwaan.


Selain itu, ayat ini juga mengingatkan orang beriman agar tidak meniru dan mengikuti budaya dan gaya hidup yang diterapkan oleh orangNon Muslim. Mereka diharamkan untuk ikut bersosialisasi dengan orang-orang kafir, karena mereka akan terpengaruh oleh pandangan dan tindakan orang kafir, sehingga mereka akan tidak tahu kebenaran mana yang harus diikuti.


Selain itu, orang beriman juga diharamkan untuk mencontoh perbuatan orang kafir. Hangatkan kawasan kafir, berbuat seperti mereka maka akan menyebabkan kekafiran dan murtadnya mereka. Inilah sebabnya, mereka harus kuat berpegang teguh pada ajaran Islam dan melaksanakannya dengan sempurna.


Kesimpulannya, ayat ini mengingatkan orang beriman tentang bahaya yang dapat terjadi bila mereka menaati orang-orang kafir. Oleh karena itu, mereka disarankan untuk selalu berpegang teguh pada ajaran islam dan melaksanakannya dengan sempurna. Ini adalah satu-satunya cara untuk meraih kesuksesan di dunia dan akhirat.