Surah Ali 'Imran Ayat 138 - QuranWeb

terms: Surah Ali ‘Imran Ayat 138 merupakan ayat yang berkaitan dengan hakekat Al-Qur'an. Ayat ini menyatakan bahwa Al-Qur'an adalah petunjuk, pandu...

Surah Ali 'Imran Ayat 138

Surah Ali ‘Imran Ayat 138 merupakan ayat yang berkaitan dengan hakekat Al-Qur'an. Ayat ini menyatakan bahwa Al-Qur'an adalah petunjuk, panduan, dan pelajaran bagi semua orang yang bertakwa.


Ayat dimulai dengan kalimat “Inilah (Al-Qur'an) suatu keterangan yang jelas”, yang merujuk pada hakikat Al-Qur'an sebagai kitab suci yang memberikan penjelasan dan wawasan yang jelas tentang segala sesuatu. Hal ini disebabkan karena sifat Al-Qur'an yang sempurna, diridhoi oleh Allah SWT, serta didukung oleh berbagai riwayat, hadits, dan perkataan para sahabat. Al-Qur'an menyajikan informasi yang tepat dan akurat, yang memungkinkan bagi kita untuk mengetahui ajaran yang benar dan mengikuti petunjuk yang disebutkan di dalamnya.


Ayat berlanjut dengan ungkapan “untuk semua manusia”, yang menunjukkan bahwa Al-Qur’an adalah untuk semua orang tanpa memandang latar belakang sejarah, kelas sosial, ras, ataupun agama. Islam mendorong semua manusia untuk membaca dan memahami Al-Qur'an agar mereka dapat memahami cita-cita dan tujuan hidup yang sesungguhnya. Oleh karena itu, Al-Qur’an adalah panduan bagi setiap orang, tidak peduli latar belakang ataupun keyakinannya.


Ayat berlanjut dengan ungkapan “dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa". Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang yang takut akan Allah dan menjalani hidup dengan menaati aturan-aturan Islam, dapat menggunakan Al-Qur'an sebagai panduan untuk mencapai tujuan hidup yang benar.


Al-Qur’an adalah kunci terpenting untuk memahami kehidupan. Setiap orang yang berfokus takut akan Allah dan berusaha mencari kegembiraan abadi, dapat menggunakan Al-Qur'an sebagai panduan. Di dalam Al-Qur'an, orang dapat mempelajari prinsip-prinsip etika yang tepat guna membimbing cara hidup mereka.


Tambahan lagi, Al-Qur’an mengandung berbagai macam nasihat dan perlindungan terhadap berbagai masalah hidup manusia. Melalui teks-teksnya, Allah mengungkapkan panduan prinsip-prinsip manusia sehat yang dapat memberikan ketentraman dan kebahagiaan rohani bagi semua manusia.


Oleh karena itu, Surah Ali ‘Imran Ayat 138 memberikan pandangan yang jelas tentang hakikat Al-Qur'an. Al-Qur'an adalah suatu keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan dapat dipahami oleh setiap orang yang takut akan Allah dan menjalani hidup dengan menaati aturan-aturannya. Dengan memahami dan mengikuti petunjuk yang terdapat dalam Al-Qur'an, kita akan dapat menemukan kehidupan yang manfaat dan kebahagiaan abadi.