Surah Ali 'Imran Ayat 123 - QuranWeb

terms: Surah Ali 'Imran Ayat 123 merupakan salah satu ayat dari Al-Quran yang menerapkan ajaran agama, dimana Allah SWT menjelaskan bahwa Allah tel...

Surah Ali 'Imran Ayat 123

Surah Ali 'Imran Ayat 123 merupakan salah satu ayat dari Al-Quran yang menerapkan ajaran agama, dimana Allah SWT menjelaskan bahwa Allah telah membantu manusia dalam perang Badar yang terjadi di masa lalu. Pada saat itu para pemeluk Muslim kecil pengikut Nabi Muhammad saw merupakan bagian dari pasukan yang lemah saat menghadapi pasukan musuh yang lebih banyak jumlahnya. Ayat dari Al-Quran ini mengimplikasikan bahwa Allah berhak untuk membantu hamba-Nya dalam segala keadaan, meskipun para pemeluk Islam pada saat itu merupakan kelompok kecil dalam jumlah namun Allah tetap memberikan kemenangan di saat-saat yang tidak menguntungkan.


Implikasi yang dimaksud dalam ayat ini adalah bahwa kesiagaan dan rasa takut akan Allah merupakan jalan yang terbaik dalam memerangi musuh-musuh. Dan saat Allah menolong para pemeluk muslimin, maka mereka haruslah bersyukur kepada Allah untuk anugerah keselamatan yang telah diberikan-Nya. Oleh karena itu, orang yang berada dalam bahaya, baik yang bersangkutan dengan keluarga, teman, pekerjaan, atau kondisi apapun, harus memiliki kepercayaan pertama kepada Allah. Mereka harus terus bersyukur dan berupaya terus beribadah kepada Allah, yang selanjutnya dapat membantu Allah menolong mereka.


Selain itu, melalui ayat ini juga disarankan untuk meningkatkan keimanan kepada-Nya, sehingga itu akan dapat meningkatkan kekuatan, mengurangi takut, dan meningkatkan keyakinan untuk melalui ujian dunia. Ketika kita percaya kepada Allah dan terus bersyukur untuk anugerah-Nya, maka kita pun dapat mengalami kemenangan dan kemudahan dalam setiap masalah yang kita hadapi.


Untuk menutup ayat ini, Allah memerintahkan kepada manusia untuk selalu bertakwa kepada-Nya, yaitu dengan melaksanakan perintah dan larangan-Nya serta tidak melanggar batas yang telah ditentukan-Nya. Hal ini penting agar mereka dapat mengambil manfaat dari bantuan yang diberikan oleh Allah dan penisih dari segala perkara yang tidak berkenan kepada-Nya.


Dari ayat ini, kita dapat melihat bahwa Allah merupakan pemilik hakiki dan kekuasaan, yang selalu mendukung hamba-Nya untuk mencapai tujuan. Ketika manusia menekankan kepada Allah SWT untuk menolong tak dapat mengharapkan pada manusia lain, dan juga meningkatkan keimanan, rasa takut dan rasa syukur kepada Allah. Dengan demikian manusia dapat semakin mencerminkan kasih sayang Allah yang besar dan tetap mensyukuri bantuan yang telah diberikan-Nya yang merupakan adalah sebuah cara terbaik untuk mendekatkan kita semakin dekat kepada Tuhan.