Surah Ali 'Imran Ayat 104 - QuranWeb

terms: Ayat ini termasuk dalam surat Ali Imran yang berisi beragam ajaran dan nasihat berkaitan dengan akhlak Islami dan konsep kesyukuran. Tekad A...

Surah Ali 'Imran Ayat 104

Ayat ini termasuk dalam surat Ali Imran yang berisi beragam ajaran dan nasihat berkaitan dengan akhlak Islami dan konsep kesyukuran. Tekad Allah Swt yang ingin mengawal hakikat kemuliaan yang dimiliki umat muslim diungkapkan melalui ayat tersebut.


Ayat ini adalah program tindakan umat Muslim yang berlangsung sejak zaman Nabi Ibrahim AS. Di dalamnya, Allah SWT mengingatkan para umatnya agar tidak lupa akan tugas dan tanggung jawab dalam mengembangkan ajaran yang baik. Al-Quran menyebutnya sebagai ‘berkah ahli berkah’ atau ‘orang-orang yang berbahagia’.


Allah SWT menyatakan bahwa setiap umat muslim memiliki kewajiban untuk menyerukan kebajikan, mengajak dan menyuruh untuk melakukan hal yang terbaik dan mencegah dari mengerjakan segala yang buruk. Kewajiban ini dapat dimulai dengan memulai aksi nyata yaitu mulai dari diri sendiri sehingga orang lain pun ikut terinspirasi.


Menurut ayat ini, umat Islam yang berhasil menuruti perintah Allah SWT akan diberkati dengan kemudahan yang berlimpah dan dianugerahi kemuliaan di dunia dan di akhirat. Di samping itu, mereka juga akan memperoleh pahala dan balasan dari Allah swt. Hal ini merupakan salah satu pembelajaran penting yang dapat diambil dari ayat ini adalah mendorong anggota umat Islam untuk menjadi bagian dari kelompok yang memurnikan akhlak dengan menyebarkan cinta dan keramahtamahan dalam kehidupan mereka.


Ayat tersebut juga secara implisit menyatakan konsep dasar mengawasi hakikat keagungan umat Islam. Menurut ayat ini, jika orang-orang yang berjuang untuk menegakkan nilai moral dan religius yang benar tidak mendapatkan kemuliaan dan kesejahteraan yang mereka ingikan, maka tindakan tersebut akan sia-sia.


Kita dapat menyimpulkan dari ayat tersebut bahwa umat muslim perlu meningkatkan budaya memperhatikan hakikat kemuliaannya dengan berbuat yang baik. Dari perbuatan inilah, mereka akan mendapatkan keberuntungan di dunia dan di akhirat. Hal ini akan membantu mereka menjaga aspek moral dan kesyukuran pada Allah SWT. Karena itu, setiap umat Islamic perlu menunaikan kewajiban melalui kegiatan berbakti pada pemimpin, tokoh, dan lingkungan sekitarnya.


Akhirnya, ayat tersebut mengingatkan para pembaca al-Quran agar bersyukur dan memenuhi kewajiban yang telah ditetapkan Allah SWT bagi setiap umatnya agar terhindar dari rasa frustasi dalam kehidupan dan mendapatkan simpati dan balasan dari Allah di akhirat.