Surah Al Baqarah Ayat 90 - QuranWeb

terms: Surah Al-Baqarah ayat 90 merupakan salah satu ayat yang terdapat dalam Al-Quran yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad saw. Aya...

Surah Al Baqarah Ayat 90

Surah Al-Baqarah ayat 90 merupakan salah satu ayat yang terdapat dalam Al-Quran yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad saw. Ayat ini menceritakan tentang ketidakadilan perbuatan umat terdahulu yang melakukan perdagangan dengan menjual diri sendiri serta mengingkari hukum yang diturunkan oleh Allah.


Ayat ini menyatakan bahwa perbuatan umat sebelumnya salah dan tidak adil ketika mereka menjual dirinya sendiri. Maksud dari “menjual dirinya” adalah mereka melakukan praktek jual beli manusia atau trading sebagai buruh di pasar. Perdagangan ini juga disebut dengan “trafficking”. Dalam praktek ini, seorang individu dapat menjual dirinya kepada orang lain dengan alasan mencari kehidupan yang lebih baik. Akibatnya, mereka akan kehilangan hak-hak yang melekat pada hak asasi manusia seperti hak untuk merdeka, hak untuk memilih, dan hak untuk menentukan tujuan yang diinginkan.


Ayat ini juga menyatakan bahwa umat terdahulu mengingkari hukum yang diturunkan oleh Allah dan ini disebabkan karena cemburu pada fakta bahwa Allah dapat memberikan karunia-Nya kepada siapa pun yang Dia kehendaki. Merengek kepada Allah akan tidak dapat mengubah situasi, karena takdir Allah adalah yang tertinggi dan insurjensi berhutang selalu tergantung pada Tuhan Yang Mahakuasa.


Surah Al-Baqarah ayat 90 juga menyatakan bahwa orang yang tetap tidak percaya pada hukum-hukum yang diturunkan oleh Allah menanggung kemurkaan dan hukuman-Nya yang menghinakan. Keadaan ini menunjukkan bahwa orang yang ingkar pada hukum Allah harus siap akan bencana. Pelanggaran yang dilakukan oleh seraya manusia akan mendapatkan balasan yang berat, hal ini menjadi konsekuensi dari perdagangan manusia.


Kejadian dari salah satu Surah Al-Baqarah dalam Al-Quran ayat 90 juga menjadi contoh misal bagi umat hari ini. Ini menunjukkan bahwa manusia masih dapat memperbaiki diri dan merenungkan tentang perilaku yang salah yang telah dilakukannya. Kepedulian yang mulia dan sikap saling tolong menolong menjadi salah satu panggilan untuk setiap umat agar meningkatkan pekabaran agama dan menjelaskan hakikatnya ajaran yang terdapat dalam Al-Quran.


Pada akhirnya, Surah Al-Baqarah ayat 90 menegaskan bahwa jika seseorang mengingkari hukum yang diturunkan oleh Allah, maka ia harus siap untuk menanggung hukuman atas tindakannya. Kemurkaan dan hukuman berat telah menjadi bagian dari Allah bagi mereka yang mengingkari hukum-hukum Allah. Ayat ini juga menjadi sebuah pelajaran bagi umat saat ini agar menjadi lebih peduli dan berhati-hati dalam berbagai aspek kehidupan untuk menghindari hal-hal merugikan.