Surah Al Baqarah Ayat 80 - QuranWeb

terms: Surah Al Baqarah Ayat 80 adalah salah satu ayat yang terdapat dalam Al Qur'an yang juga dikenal dengan suratnya yang ke-2 dalam naskah Arab....

Surah Al Baqarah Ayat 80

Surah Al Baqarah Ayat 80 adalah salah satu ayat yang terdapat dalam Al Qur'an yang juga dikenal dengan suratnya yang ke-2 dalam naskah Arab. Menceritakan tentang sekelompok orang yang menganggap dunia ini adalah tempat terakhir mereka dan bahwa mereka telah melakukan semua kejahatan dan tindakan jahat dengan selamat. Mereka mengatakan tidak akan dihukum di Neraka kecuali hanya beberapa hari saja. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ayat ini, kita harus memahami gambaran Islam tentang Allah, kehidupan abadi setelah kematian, dan mengapa mereka salah dalam pendapat mereka.


Dalam Islam, Allah adalah rekan sejati dari semua makhluk-Nya. Dia diciptakan oleh-Nya dan ada untuk melayani pemilik absolut segala sesuatu. Allah memahami bahwa beberapa bentuk keadilan hanya bisa diterima sebagai sepenuhnya akan diturunkan pada mereka yang bertanggung jawab untuk perbuatan mereka. Dia juga merupakan Tuhan yang berkuasa dan bijaksana.


Allah akan tetap setia kepada janji yang telah dibuat bahwa orang yang mengingkari perintah-Nya harus menghadapi akibatnya. Allah telah menjanjikan agar mereka dihukum di neraka untuk selama-lamanya. Oleh karena itu, pada Surah Al Baqarah ayat 80 Allah meninjau ucapan mereka yang menyatakan neraka tidak akan menyentuh mereka selama beberapa hari saja. Ini bertentangan dengan janji Allah yang Duduk dan Janji-Nya tidaklah dapat dibantah.


Ayat ini juga menghina demi mencerminkan sikap sombong dan menentang Allah. Ini menghina informasi yang diberikan Allah melalui firman-Nya bahwa Iblis, yang percaya ia tidak akan dimasukkan ke Neraka, akhirnya akan memasuki Neraka. Mereka telah mengatakan sesuatu tentang Allah yang sebenarnya tidak mereka ketahui. Saat ini, banyak orang yang berpikir bahwa mereka dapat melakukan apa saja dan tetap selamat dari hukuman Allah. Ini jelas bertentangan dengan apa yang dikatakan dalam Al Quran bahwa Allah memiliki kedaulatan absolut dan tidak ada yang bisa melawan kehendak-Nya.


Kesimpulannya, ayat ini menekankan pentingnya menghormati kebenaran dan menghindari rasa sombong dan ingkar. Ucapan mereka adalah ucapan menyiksa dan kurang berpikir. Allah merupakan Tuhan yang adil dan setia. Dia akan menghukum orang yang menolak perintah-Nya dan yang telah berjanji akan memberikan hukuman untuk mereka yang melakukan dosa. Kita harus menghormati kekuasaan Allah dan jangan berpikir bahwa kita dapat melakukan apa pun yang kita sukai tanpa mendapatkan akibat. Ini adalah prinsip yang seharusnya dipatuhi oleh semua orang agar dapat mengharapkan keadilan dan kehidupan abadi di akhirat.