Surah Al Baqarah Ayat 61 - QuranWeb

terms: Surah Al Baqarah ayat 61 bercerita tentang peristiwa yang dialami oleh orang-orang Israel. Mereka meminta Musa agar memohonkan kepada Allah ...

Surah Al Baqarah Ayat 61

Surah Al Baqarah ayat 61 bercerita tentang peristiwa yang dialami oleh orang-orang Israel. Mereka meminta Musa agar memohonkan kepada Allah supaya diberikan makanan yang beraneka ragam kepada mereka sebagai pengganti resep makanan yang monoton. Meskipun permintaan mereka agak sedikit lucu karena mereka berkata bahwa mereka akan tidak tahan dengan makanan yang monoton, namun mereka salah mengambil keputusan sehingga mereka mengalami kenistaan dan kemiskinan.


Menurut ayat, Musa memberikan jawaban yang bijaksana dan menyuruh mereka untuk pergi ke kota lain dan mereka akan mendapatkan apa yang mereka minta. Meskipun hal ini yang harus mereka lakukan, mereka tidak mengikuti saran Musa dan tetap pada permintaan mereka. Sebaliknya, mereka hanya menganggap saran Musa sebagai sesuatu yang tidak mungkin didapatkan, dan meminta sesuatu yang buruk daripada sesuatu yang baik.


Ketidakpatuhan mereka kepada Musa dan keputusan yang mereka ambil berarti mereka telah mengingkari perintah Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Ini mengakibatkan mereka mengalami kemurkaan Allah. Hal ini mengajarkan kita bahwa kita harus menghormati saran orang lain dan tidak boleh bertindak secara sembarangan. Ons juga diingatkan oleh ayat bahwa setiap kali akan mengambil keputusan, kita harus berpikir dua kali dan melakukan hal yang benar di mata Allah.


Ketika kita membaca ayat ini, kita juga dianjurkan untuk bersyukur kepada Allah atas pemberian-Nya yang berlimpah dan jangan pernah mengingkari perintah-Nya. Jika kita tidak bersyukur, Allah mungkin akan mengubah nikmat-Nya dengan kenistaan dan kemiskinan. Oleh karena itu, ayat ini adalah pengingat bagi kita agar kita tetap taat kepada Allah dan bersyukur dengan apa yang telah diberikan-Nya.