Surah Al Baqarah Ayat 34 - QuranWeb

terms: Surah Al-Baqara ayat 34 menceritakan tentang peristiwa ketika Allah SWT mengutus malaikat kepada para Nabi Adam AS, untuk memerintahkan mere...

Surah Al Baqarah Ayat 34

Surah Al-Baqara ayat 34 menceritakan tentang peristiwa ketika Allah SWT mengutus malaikat kepada para Nabi Adam AS, untuk memerintahkan mereka agar sujud kepada Nabi Adam AS. Dalam sejumlah kisah, Allah SWT telah melakukan perintah yang sama kepada para Malaikat untuk sujud kepada manusia, misalnya ketika Allah SWT memerintahkan mereka untuk sujud kepada Nabi Ibrahim AS. Pada ayat di atas, Ayat 34 dalam Surah Al-Baqara, Allah SWT memerintahkan para malaikat agar sujud kepada Nabi Adam AS. Mereka dengan patuh melaksanakan perintah Allah SWT kecuali Iblis. Dia menolak perintah itu, membangkang dan melampaui batas. Karena sikap durhaka dan meremehkan perintah Allah SWT, ia dijatuhi sanksi dimana Allah SWT mengirimnya keluar dari surga, dan menghukumnya dengan neraka seumur hidup.


Ada banyak makna yang dapat dipetik dari ayat tersebut. Pertama, inimenegaskan tingginya kehormatan dan kehormatan bagi Nabi Adam AS sehingga Allah SWT memerintahkan mereka untuk sujud kepadanya. Kedua, ini juga menekankan bahwa Allah SWT dapat memaksa para malaikat untuk melakukan apa yang telah Dia perintahkan kepada mereka. Ini bertepatan dengan hukum-hukum Rasmullah (agama), di mana Allah SWT adalah tuannya para manusia, dan manusia harus menyembah dan menghormati-Nya. Ketiga, ayat tersebut menghalangi kepercayaan orang-orang yang meremehkan para utusan Allah SWT dan berlaku durhaka kepada perintah-Nya. Artinya adalah bahwa orang yang meremehkan para utusan Tuhan, bisa menghadapi akibat buruk, seperti yang terjadi pada Iblis.


Keempat, ayat tersebut juga dapat diartikan sebagai penerangan tentang poin penting tentang perbedaan antara manusia dan makhluk lain. Di satu sisi Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Kuasa, dan mampu memaksa malaikat untuk sujud kepada Adam AS. Di sisi lain, perhatian khusus yang diberikan oleh Allah kepada manusia sangat menggambarkan bahwa Allah SWT menampakkan rahmat dan kebaikan-Nya kepada manusia. Keempat, ayat tersebut juga menegaskan bahwa orang-orang yang memiliki sikap yang tidak takwa dan yang meremehkan para utusan Allah SWT, akan mengalami siksa dan hukuman.


Ini adalah ayat yang sangat penting dalam Al-Quran. Oleh karena itu, kita semestinya selalu mengingatkannya secara khusus setiap hari. Kita harus ingat bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Kuasa, dan makhluk lain harus menghormati dan menghormati kekuasaannya. Kita juga harus menghormati para utusan-Nya. Dan orang-orang yang tidak takwa dan meremehkan para utusan Allah SWT harus menanggung akibat buruk. Ini adalah peringatan yang sangat penting yang harus kita nikmati dalam kehidupan kita.