Surah Al Baqarah Ayat 29 - QuranWeb

terms: Surah Al Baqarah Ayat 29 merupakan salah satu ayat yang ada dalam Al Qur’an, yang berbicara tentang kebesaran Allah SWT, sebagaimana kekuata...

Surah Al Baqarah Ayat 29

Surah Al Baqarah Ayat 29 merupakan salah satu ayat yang ada dalam Al Qur’an, yang berbicara tentang kebesaran Allah SWT, sebagaimana kekuatan dan kemahamupaya-Nya dalam mencipta, memelihara, dan mengarahkan alam semesta ini. Menurut ayat tersebut, Allah SWT telah menciptakan barang-barang yang ada di bumi untuk umat manusia. Kemudian Allah bergerak meninggalkan bumi dan mencapai tujuh langit (tempat yang paling tinggi di luar angkasa) dan menyempurnakan langit-langit tersebut. Selain itu, Dia juga dianggap sebagai Pemilik dan Pengetahuan segala sesuatu yang diciptakan oleh-Nya.


Kata "c i p t a" dalam ayat ini berbicara tentang kemampuan Tuhan yang paling mendasar, yaitu kemampuan untuk menciptakan dan mengatur semua yang ada di dunia ini. Berdasarkan ayat ini, Allah SWT telah menciptakan dunia fisik terdiri dari laut, tanah, udara dan semua yang ada di dalamnya. Barang-barang yang terdapat di bumi ini dimaksudkan sebagai berkat bagi umat manusia. Petunjuk mengenai pemahaman ini dapat dilihat dalam ayat lain dalam Al Qur’an, di mana Allah menegaskan bahwa Dialah Tuhan yang telah menciptakan bumi dan memberkati manusia dengan karunia di dalamnya.


Ayat ini juga menyebutkan bahwa Allah telah bergerak dan "menuju ke langit", yaitu ke tempat yang paling tinggi di luar angkasa. Sementara tempat yang paling dalam di bawah bumi telah diwajibkan bagi Allah SWT oleh hukum alam yaitu oleh hukum gravitasi yang dipelihara-Nya. Allah juga adalah Maha mengetahui segala sesuatu yang telah Dia ciptakan. Ini adalah kerana Dia mempunyai kekuatan dan pengetahuan yang luar biasa untuk melatih, memelihara, dan mengawal semua ciptaan-Nya.


Kejadian ini mengerangkan keajaiban dan kebesaran penciptaan Allah SWT, kerana Dia mampu menciptakan dan memelihara semua yang ada di alam ini. Di samping itu, ayat ini juga mengingatkan umatnya bahawa Allah SWT memerintah segala-galanya di alam ini. Allah SWT adalah Sang Pencipta, Penguasa, dan Pemilik semua yang ada di alam ini. Segala yang terjadi di semesta ini tidak mungkin terjadi tanpa kehendak Allah SWT. Melalui ayat ini Allah memberitahukan psikolog khusus bagi umat manusia untuk menyembah-Nya dan mengakui kasihnya kepada mereka.


Kesimpulannya, Surah Al Baqarah Ayat 29 adalah suatu ayat yang berbicara tentang dalam Al Qur'an tentang kebesaran Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Mengetahui. Ayat ini menegaskan bahwa Allah telah menciptakan semua yang ada di dunia ini. Kemudian Dia bergerak menuju ke tujuh langit, lalu Dia menyempurnakan langit-langit tersebut. Selain itu, Dia juga dianggap sebagai Pemilik dan Pengetahuan segala sesuatu yang diciptakan oleh-Nya. Melalui ayat ini, Allah ingin agar umat manusia menyadari kehendak-Nya dan lengkap menyerahkan hidup mereka kepada-Nya.