Surah Al Baqarah Ayat 16 - QuranWeb

terms: Surah Al Baqarah ayat 16 dengan tegas menyatakan bahwa ada orang yang menukar kehidupan yang mendalam (petunjuk) dengan kesesatan. Arti petu...

Surah Al Baqarah Ayat 16

Surah Al Baqarah ayat 16 dengan tegas menyatakan bahwa ada orang yang menukar kehidupan yang mendalam (petunjuk) dengan kesesatan. Arti petunjuk disini adalah kebenaran yang dapat mengajarkan manusia cara hidup yang lurus sehingga mereka bisa berhasil dan dapat memenuhinya kebenaran. Petunjuk juga berarti ajaran atau hikmah yang diketahui oleh manusia dalam hidup mereka. Sementara itu, kesesatan didefinisikan sebagai perbuatan yang salah atau sebagai tindakan yang salah dalam moralitas dan agama. Kesesatan juga dapat didefinisikan sebagai ketidakpatuhan terhadap petunjuk, di mana petunjuk dapat berasal dari agama, kebijaksanaan, disiplin, aturan dan hukum, dan lainnya.


Ayat 16 memperingatkan bahwa sebagian orang membeli kesesatan (arah, tindakan, atau pikiran yang bertentangan dengan petunjuk) dengan menukar petunjuk yang sebenarnya. Masalah ini diperparah dengan kenyataan bahwa perdagangan kesesatan tersebut tidak bernilai dan tidak menghasilkan petunjuk sebagai balasannya. Konsekwensinya adalah bahwa orang yang bertindak dalam kesesatan akan menderita bencana dan kehancuran dalam hidup mereka.


Misalkan seorang yang menolak mengikuti petunjuk agama dan melakukan kesalahan untuk mencari kebahagiaan. Mereka mungkin mencoba untuk mencapai kepuasan, namun karena mereka bertentangan dengan petunjuk yang benar, mereka hanya bisa berakhir dengan kesesatan. Mereka tidak hanya ketinggalan dan kehilangan petunjuk tersebut, tapi mereka juga tidak mendapatkan apa yang mereka cari dan mereka berakhir dengan kerugian. Akibatnya, mereka akan menderita konsekuensi berbahaya dari pilihan yang salah yang mereka buat.


Untuk menghindari hal ini, alangkah baiknya jika manusia mampu mengerjakan yang benar dan mengikuti petunjuk yang benar. Ayat 16 mengingatkan bahwa orang yang mengikuti petunjuk dan meninggalkan kesesatan tidak akan terbawa Godaan dan akan berhasil. Mereka akan merasakan kebahagiaan dan kesejahteraan yang tak terhingga hingga kapanpun. Manusia juga harus berhati-hati dalam membuat pilihan, karena jika mereka mengikuti tindakan salah, perdagangan mereka tidak akan berhasil dan mereka tidak akan mendapatkan petunjuk.


Secara keseluruhan, disarankan bahwa Surah Al Baqarah ayat 16 memperingatkan bahwa mereka yang berdagang antara kesesatan dan petunjuk tidak akan beruntung. Artinya, mereka yang memilih kesesatan untuk meninggalkan petunjuk tidak akan mendapatkan petunjuk sebagai balasannya dan akan mengalami bencana dan kehancuran. Oleh sebab itu, manusia harus berhati-hati untuk mengikuti petunjuk dan meninggalkan kesesatan untuk mencapai hasil yang efektif dan beruntung.