Surah Hud Ayat 54 - QuranWeb

terms: Surah Hud adalah surah ke-11 dalam Alquran yang terdiri atas 123 ayat. Surat ini menyebutkan mengenai peringatan Allah kepada Nabi Hud dan p...

Surah Hud Ayat 54

Surah Hud adalah surah ke-11 dalam Alquran yang terdiri atas 123 ayat. Surat ini menyebutkan mengenai peringatan Allah kepada Nabi Hud dan penduduk ingusan, yaitu kaum ‘Ad, serta mengingatkan orang-orang beriman tentang kerasulan ataupun peringatan para nabi-nabi yang diberikan-Nya.


Ayat 54 dari Surah Hud adalah berbunyi: “Kami hanya mengatakan bahwa sebagian sesembahan kami telah menimpakan penyakit gila atas dirimu.”. Pada ayat ini menceritakan bagaimana para penduduk ‘Ad membuat berhala sesembahan dan mengidolakannya. Mereka juga menyakini bahwa semua hal yang tidak memungkinkan adalah kemampuan-Nya. Tujuannya adalah mempersempit jalan Allah dan mengurangi ketaatan mereka kepada-Nya.


Hal ini dikatakan kepada Nabi Hud. Mereka mengatakan bahwa sesembahan mereka telah menyebabkan penyakit gila pada orang-orang disana. Dengan maksud agar Nabi Hud meyakinkan penduduk 'Ad bahwa bertuhan kepada sesembahan tidaklah memberikan manfaat apa pun, dan mereka tidak akan mendapatkan segala apa yang mereka inginkan dari para berhala.


Lalu, Nabi Hud menjawab, “Sesungguhnya aku bersaksi kepada Allah dan saksikanlah bahwa aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan." dikatakan bermaksud untuk menekankan bahwa yang benar, yaitu ketundukan dan tawakal hanya diberikan kepada Allah. Dia ingin memberi tahu para penduduk 'Ad bahwa mereka harus meninggalkan penyembahan kepada berhala dan segera mengabdikan mereka kepada Allah.


Kesimpulannya, ayat 54 dalam Surah Hud ini menekankan peringatan Allah agar kita sebagai umat-Nya berhati-hati dalam menyembah selain-Nya. Muhammad SAW telah mengingatkan orang-orang beriman untuk menjauhi semua bentuk syirik dan tetap jadi orang muslim yang teguh. Allah sangat menginginkan agar umat-Nya hanya menyembah Dia saja. Jika orang beriman terlibat dalam tindakan syirik, maka itu akan menyebabkan mereka terjerumus dalam kesesatan dan gagal dalam menjalankan misi mereka sebagai agen Allah di dunia.